Minggu, 21 Oktober 2018 |
Kesehatan - News Gallery

Ini Bahayanya Ikan Sapu-sapu yang Diolah Menjadi Makanan

Jumat, 04 Agt 2017 | 03:01 WIB Dibaca: 5053 Pengunjung

Foto Ilustrasi

[NEWSmedia] - Ikan sapu sapu sebenarnya termasuk jenis ikan yang boleh dikonsumsi, jika dipelihara dalam lingkungan kolam yang bersih dan tidak tercemar zat berbahaya. Namun apabila ikan bersisik keras tersebut hidup di sungai yang tercemar limbah zat kimia beracun, maka itu dapat jadi sumber masalah kesehatan.

Bukan rahasia lagi bahwa di kota besar semisal Jakarta, ikan sapu sapu yang bernama latin Hypostomus plecostamus ada yang diolah menjadi makanan dan dijual kepada konsumen. Biasanya daging ikan itu diproduksi menjadi siomay atau empek-empek.

Padahal, jika ikan yang kuat tersebut hidup di lingkungan yang mengandung limbah logam berat seperti  tembaga, kadmium, timbal dan berbagai limbah rumah tangga seperti deterjen serta kotoran manusia, maka sedikit banyak dagingnya akan mengandung zat-zat tersebut.

Jika Anda sering mengonsumsi makanan yang bahannya terbuat dari daging ikan sapu sapu, maka beberapa ancaman penyakit berikut ini bisa Anda alami:

Gatal gatal

Beberapa jenis logam berat yang menjadi sisa industri dan limbahnya dibuang di sungai, adalah penyebab gatal-gatal di kulit. Hal ini dapat Anda alami jika sering mengonsumsi makanan berbahan ikan sapu sapu yang hidup di sungai.

Iritasi lambung

Logam berat jenis kadmium (cd) dapat mengiritasi lapisan lambung Anda, hingga terasa nyeri dan menimbulkan peradangan. Ini mungkin tidak terjadi dalam waktu dekat, namun perlahan dan jangka panjang.

Kerusakan otak

Kandungan zat beracun yang diserap oleh ikan sapu sapu juga dapat memberi efek buruk untuk otak. Misalnya saja dari logam berat seperti timbal dan tembaga, yang mampu mengikuti aliran darah dan menyumbat pembuluhnya.

Tulang keropos/rapuh

Logam Kadmium yang banyak masuk lewat makanan, akan mempercepat luruhnya kalsium yang terdapat dalam tulang. Alhasil Anda akan mudah mengalami keropos tulang atau tulang rapuh.

Hati

Makin banyak zat beracun yang dikonsumsi, maka kerja hati atau liver akan makin berat. Dalam jangka panjang, hati dapat mengalami peradangan dan kerusakan yang permanen.

Masih banyak lagi kerugian yang dapat ditimbulkan jika sering mengonsumsi makanan berbahan ikan sapu sapu yang hidup di sungai kotor. Jadi sebaiknya dihindari ya. [sdm]

Editor: Newsmedia
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Ini Bahayanya Ikan Sapu-sapu yang Diolah Menjadi Makanan

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top