Kamis, 13 Agustus 2020 |
Kesehatan - News Gallery

Ini Bahaya Mengerikan Bakteri Kulit Buah

Rabu, 27 Sept 2017 | 06:32 WIB Dibaca: 592 Pengunjung

Foto ilustrasi

[NEWSmedia] - Buah memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan tubuh. Namun, jangan salah, jika cara mengonsumsinya kurang tepat, bisa jadi justru buah-buahan tersebut mampu membawa pengaruh buruk bagi kesehatan.

Mengonsumsi buah yang tidak dicuci memungkinkan bakteri yang menempel pada permukaan kulit akan ikut termakan, sehingga berdampak bagi kesehatan Anda.

Ada beberapa jenis buah yang terlihat 'baik-baik saja' atau 'terlihat bersih', sehingga kita tidak merasa perlu untuk mencucinya. Misalnya buah avokad. banyak yang setelah membelinya dari pasar, tidak segera mencucinya hingga bersih. Terlebih, seringnya, buah avokad dikonsumsi dengan dibelah dua dan langsung dimakan.

Saat buah avokad tidak dicuci, bakteri di kulit buahnya akan ikut terbawa ke dalam saat pisau memotongnya menjadi dua bagian. Jadi, jika avokad tidak dicuci bersih, bakteri di kulit buahnya bisa ikut terbawa dan masuk ke dalam tubuh.

Tidak berhenti di situ. Pada 2011 lalu, terdapat wabah listeria monocytogenes yang dikaitkan dengan kematian 33 orang dan 143 orang yang sakit. Kasus itu dikaitkan dengan bahaya dari kulit buah yang mengandung banyak bakteri.

Meski kasus tersebut tidak secara langsung dikaitkan dengan kulit buah avokad, tetapi wabah tersebut mengingatkan bahayanya bakteri yang masuk ke tubuh. Sehingga, sebelum konsumsi buah dan sayuran, disarankan untuk mencuci hingga bersih sebelum dikonsumsi. [viva]

Editor: Newsmedia
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Ini Bahaya Mengerikan Bakteri Kulit Buah
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top