Minggu, 31 Mei 2020 |
Kesehatan - News Gallery

Ini Bahaya Botol Plastik Bekas yang Dipakai Kembali

Rabu, 05 Jul 2017 | 00:02 WIB Dibaca: 855 Pengunjung

Foto Ilustrasi

[NEWSmedia] - Botol plastik bekas minuman ringan terkadang digunakan kembali dengan alasan baru satu kali pakai, masih bersih atau bentuknya bagus. Padahal kebiasaan tersebut kurang sehat karena botol plastik itu sebenarnya didesain hanya sekali pakai.

Alasan ekonomis juga jadi sebab orang menggunakan lagi botol plastik minuman setelah mencucinya hingga bersih dengan sabun. Dampak buruk akibat menggunakan botol tersebut jarang terpikir, karena memang tidak langsung terasa.

Memakai botol plastik bekas minuman sampai berkali-kali akan membuat partikel bahan kimia penyusun botol akan lepas.

Tidak hanya bahan kimia, bakteri yang makin lama makin banyak berkembang biak di dalam botol juga mengancam kesehatan. Walau sudah dicuci bersih dengan sabun, sisa minuman yang menempel akan mengundang pertumbuhan bakteri.

Bahan kimia pembuat botol sekali pakai adalah Bisphenol A (BPA), diperkirakan dapat mengganggu kerja hormon seks apabila masuk dalam tubuh. Pada wanita ia mempengaruhi masa ovulasi, memicu endometriosis, memicu kanker payudara, dan tingkatkan masalah hormon PCOS.

“Bahan kimia yang ditemukan dalam botol plastik memiliki efek tertentu pada setiap sistem tubuh,” jelas dr. Marilyn Glenville, dilansir laman Good Housekeeping.

BPA sendiri sudah sejak dulu diketahui berpengaruh negatif pada kesehatan, menurut keterangan dari National Health Service di Inggris, bahan tersebut berpotensi menyerupai hormon dan mengganggu sistem kelenjar endokrin.

Treadmill Reviews yang melakukan penelitian terhadap botol plastik yang digunakan oleh atlit selama seminggu, menjumpai jumlah bakteri yang besar. Jumlahnya sampai 900 ribu koloni per centi meter persegi.

Itu lebih besar dari pada jumlah bakteri yang dijumpai di toilet, dan sebagian besar jenis bakterinya bisa memicu penyakit. [sdm]

Editor: Newsmedia
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Ini Bahaya Botol Plastik Bekas yang Dipakai Kembali
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top