Rabu, 21 Oktober 2020 |
News Room

Ini alasan PT Bess Footwear Inc yang Memutus Hubungan Kerja Ratusan Karyawannya

Rabu, 02 Mei 2018 | 07:07 WIB Dibaca: 1550 Pengunjung

PT Bees Footwear Inc, yang berada di Kampung Nambo, Desa Ciruas, Kecamatan Ciruas, Kabupaten Serang.*

SERANG, [NEWSmedia] - Pemutusan hubungan kerja (PHK) yang dilakukan oleh PT Bess Footwear Inc di Kampung Nambo, Desa Ciruas, Kecamatan Ciruas, Kabupaten Serang dikarenakan menurunnya permintaan pasar.

Demikian hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Serang Hr Setiawan setelah mengikuti kegiatan May Day di Modern Industrial Estate Cikande, Kecamatan Cikande, Kabupaten Serang, Selasa (1/5/2018).

"Kalau dilihat dari surat edaran yang diberikan oleh perusahaan kepada kami, pabrik sepatu di Ciruas itu, ordernya dari buyernya sedang menurun,” kata Setiawan kepada awak media.

Ia menjelaskan, dengan adanya kejadian tersebut, pihaknya akan memantau dan mengawasi perusahaan yang memproduksi sepatu itu agar bisa memberikan hak-hak 600 pekerjanya secara penuh, sebab menurutnya, ratusan pekerja itu telah mengabdi selama lebih dari lima tahun.

"Kami akan datang dan berdiskusi dengan perusahaan, supaya hak-hak karyawan diberikan, nanti ada bagian pengawasan,” jelasnya.

BACA JUGA: Jelang May Day, Ratusan Buruh di Kabupaten Serang di PHK

Sementara itu, Bupati Serang, Ratu Tatu Chasanah mengaku, pihaknya tidak bisa berbuat banyak hal terkait dengan menurunnya permintaan pasar dari pabrik sepatu tersebut.

“Pemda (Pemkab Serang-red) selama bisa memfasilitasi, kami fasilitasi. Soal produksi karena pangsa pasarnya yang turun drastis, kami tidak bisa intervensi ke sana, tapi untuk keamanan dan kenyamaman berinvestasi di sini, itu tugas Pemda,” kata Tatu.

Selain itu, Tatu juga sangat menyayangkan adanya PHK masal tersebut, sebab menurutnya, angka pengangguran dan kemiskinan di Kabupaten Serang masih cukup tinggi.

“Pihak industri juga harus kita pahami, mungkin karena sudah tidak bisa bertahan, organnya sudah tidak layak beroperasi. Pemda sangat mengkhawatirkan kondisi ini, yang belum terserap saja masih banyak, apalagi dengan yang kena PHK, karena kalau sudah tidak bekerja, ujung-ujungnya akan meningkatkan kemiskinan di Kabupaten Serang,” pungkasnya. [CR]

Penulis: Anton
Editor: Ahmad Hifni
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Ini alasan PT Bess Footwear Inc yang Memutus Hubungan Kerja Ratusan Karyawannya
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top