Selasa, 25 Februari 2020 |
Kesehatan - News Gallery

Ini 5 Upaya Cegah Batu Ginjal Seperti yang Dialami Limbad

Jumat, 06 Jan 2017 | 00:06 WIB Dibaca: 661 Pengunjung

Pesulap Limbad.*

[NEWSmedia] - Kondisi seseorang dengan batu ginjal bisa terjadi pada siapa saja, termasuk pesulap Limbad. Kehadiran batu ginjal diduga sebagai penyebab yang membuat Limbad pingsan setelah melakukan aksi ekstrem dengan digantung 17 jam pada perayaan tahun baru kemarin.

Batu ginjal terbentuk ketika urine mengandung banyak kristal pembentuk batu seperti kalsium, oksalat, dan asam urat. Kristal ini tumbuh membesar seperti batu. Jika batu ginjal terjebak di saluran kemih itu bisa menyebabkan rasa nyeri luar biasa.

Anda tentu tak ingin memiliki batu ginjal. seperti yang terjadi pada Limbad. Nah,berikut saran asisten profesor kedokteran dari Harvard, Melanie Hoenig seperti mengutip Health Harvard, Kamis (5/1/2017).

1. Minum cukup air putih

Minum air dalam jumlah cukup mampu mengencerkan zat dalam urine yang memicu hadirnya batu ginjal. Oleh karena itu sebaiknya dalam sehari mengonsumsi air sekitar dua liter air.

2. Penuhi asupan kalsium

Terlalu sedikit asupan kalsium membuat kadar oksalat meningkat dan bisa memicu hadirnya batu ginjal. Untuk mencegah hal ini pastikan mengonsumsi kalsium secukupnya yang disesuaikan dengan usia.

Anak usia 4-9 tahun butuh 1000 mg /hari, dan 10-18 tahun butuh 1200mg/hari. Sementara orang dewasa 19-29 tahun membutuhkan kalsium sekitar 1100 mg/hari, sedangkan 30 tahun ke atas 1000 mg/hari.

3. Batasi garam

Mengonsumsi garam berlebih bisa memicu batu ginjal karena meningkatkan kadar kalsium di urine. Batasi maksimal 2.300 miligram garam per hari.

4. Batasi protein hewani

Mengonsumsi makanan tinggi protein hewani seperti daging merah, telur, makanna laut bisa meningkatkan tingkat asam urat yang kemudian memicu batu ginjal.

5. Bila sudah memiliki batu ginjal hindari beberapa makanan ini

Jika Anda sudah memiliki batu ginjal dalam ukuran relatif kecil ada baiknya untuk menghindari makanan seperti bit, cokelat, bayam, teh dan sebagian besar kacang. [lpt]

Editor: Newsmedia
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Ini 5 Upaya Cegah Batu Ginjal Seperti yang Dialami Limbad
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top