Minggu, 21 Oktober 2018 |
News Room - Politik

Ini 5 Konsep Ma’ruf Amin untuk ‘Menjaga’ Indonesia Bersama Jokowi

Kamis, 09 Agt 2018 | 22:39 WIB Dibaca: 149 Pengunjung

Presiden Jokowi dan Ketua MUI, KH. Ma'ruf Amin.*

JAKARTA, [NEWSmedia] - KH Ma’ruf Amin yang dipilih menjadi calon Wakil Presiden Jokowi di Pilpres 2019 menyampaikan pandangannya terkait tugas yang nanti dilakukan jika diberi terpilih bersama Jokowi.

“Tugas Saya membantu presiden untuk mewuiudkan Indonesia yang aman damai dan sejahtera,” kata Ma’ruf Amin dalam jumpa pers di Kantor PBNU, Jalan Kramat Raya, Jakarta Pusat, Kamis (9/8/2018) petang.

Selain tugas utama itu, Ma’ruf juga menyampaikan lima konsep jika diberi amanah bersama Jokowi memimpin Indonesia lima tahun mendatang.

Pertama, di bidang ekonomi. “Yang saya bangun ekonomi keumatan, harus baru, pemberdayaan ekonomi umat. Yang kuat menguatkan yang lemah. Konglomerat harus bermitra dengan usaha-usaha masyarakat, koperasi-koperasi masyarakat, penguatan pesantren. Jadi ada kemitraan antara yang kuat dengan yang lemah,” ujarnya.

Kedua, soal kedaulatan pangan. “Tidak boleh negara ini tergantung pangan ke luar negeri. Tidak boleh ada impor, impor beras, impor jagung. Negara kita ini negara yang cukup, lahannya cukup, sumberdaya-nya cukup. Kedaulatan pangannya harus kuat,” katanya.

Baca juga: Dipilih Jadi Cawapres Jokowi, KH Ma’ruf Amin: Ini Penghargaan Kepada NU

Ketiga, Ma’ruf Amin ingin dari sektor industri Indonesia bukan sebagai negara pengimpor, tetapi sebagai pengekspor. “Dengan teknologi tinggi yang kita bisa ambil dari berbagai negara. Jadinya Indonesia jadi negara yang berjaya,” ujar Ma’ruf.

Keempat, Ma’ruf memberi perhatian pada pembangunan karakter bangsa. Dan kelima, penguatan hukum. “Pembangunan karakter bangsa harus menjadi perhatian kita. Pembangunan karakter dengan penegakan hukum ini saling terkait. Karena kalau karakternya terbangun, orang yang melanggar hukumnya tidak banyak. Itu yang harus dilaksanakan.

Ma’ruf optimistis konsep tersebut dipadukan dengan Nawacita Jokowi, akan menjadikan Indonesia semakin maju. “Pak Jokowi sekarang kerja efektif 3 tahun, tahun keempat sudah ramai dengan isu-isu. Tetapi besok (5 tahun) langsung on, Saya kira hasilnya akan luar biasa,” ucapnya. [ard]

Editor: Arif Darma
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Ini 5 Konsep Ma’ruf Amin untuk ‘Menjaga’ Indonesia Bersama Jokowi

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top