Selasa, 25 September 2018 |
Tekno

Ingin Mengganti Ban Motor? Cukup Pakai Ujung Kuku Untuk Memilihnya

Selasa, 07 Feb 2017 | 13:11 WIB Dibaca: 1489 Pengunjung

tips memilih ban motor.*

[NEWSmedia] - Pada saat mengganti ban sepeda motor, tentu Anda berharap mendapatkan ban yang sesuai keinginan. Tak hanya dari segi kembangan alias motif saja, namun juga ukuran yang tepat, dan terpenting adalah ban dengan kode produksi baru.

Pengetahuan membaca kode produksi ban tentu perlu diketahui, agar Anda tak mendapatkan ban yang kedaluwarsa. Habisnya masa pakai ban memang berlaku pula pada ban kendaraan.

Penggunaan kode produksi pada ban sangat penting, karena ban juga memiliki usia laik jalan. Karena bahan karet dan nilon yang sudah lama akan berakibat kerasnya komponen ban, sehingga ban tidak memiliki traksi dan berbahaya bagi penggunanya.

Seperti dilansir Pro Ban, Senin, 6 Februari 2017, kode tahun produksi biasanya ditulis dengan empat angka, misalnya 2105, artinya ban tersebut diproduksi pada minggu ke 21 pada tahun 2005. Nah, trik untuk mengetahui bagaimana kondisi ban masih bagus, Anda bisa  gunakan ujung kuku untuk menekan ban.

Jika dirasa masih lunak maka ban tersebut masih layak digunakan, dan jika sudah keras lebih baik cari ban lain yang lebih lunak.

Ban yang sudah kedaluwarsa umumnya karet sudah getas, mudah retak dan pecah. Jika terpaksa menggunakan ban yang sudah kedaluwarsa, maka tidak ada pilihan selain selalu menjaga kecepatan untuk tidak ngebut, karena Anda tentu tak tahu sampai di mana kekuatan ban tersebut yang sewaktu-waktu dapat rusak.[viva] 

Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Ingin Mengganti Ban Motor? Cukup Pakai Ujung Kuku Untuk Memilihnya

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top