Senin, 25 Juni 2018 |
Pariwisata - News Gallery

Ingin Liburan Dengan si Kecil Tidak Terasa Hambar, Ikuti Tips Ini

Selasa, 02 Jan 2018 | 16:01 WIB Dibaca: 264 Pengunjung

Foto ilustrasi.*

[NEWSmedia] - Liburan panjang Tahun Baru 2018, berbarengan dengan libur sekolah. Masih banyak waktu untuk menikmati liburan bersama keluarga hingga akhir pekan nanti.

Bagi Anda yang baru merencanakan liburan bersama buah hati ke tempat yang jauh, ada tips yang mungkin berguna untuk Anda dan si kecil. Agar liburan tak terasa hambar dan jadi lebih fun, perlu perencanaan yang harus dirancang bersama ibu, ayah dan si kecil.

Psikolog Samanta Ananta M.Psi., psikolog dari Tiga Generasi, memberikan tips bagaimana menciptakan liburan yang menyenangkan bersama anak dan keluarga. Lewat akun @tigagenerasi, berikut tips nya untuk Anda.

Tentukan tujuan liburan

Tujuan liburan penting ditentukan bersama oleh ayah dan ibu sehingga dapat menentukan destinasi, jadwal dan anggaran liburan yang sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai saat liburan. Jika liburannya bertujuan untuk mendekatkan diri antar anggota keluarga maka lokasi pilihan liburan yang dapat melibatkan banyak aktivitas bersama. Dengan menentukan tujuan liburan, orangtua juga dapat mempertimbangkan siapa saja yang ikut berlibur bersama, kakek/nenek atau bahkan nanny pun ikut serta berlibur.

Less expectations

Less expectations saat liburan menjadi kunci utama agar liburan fun bersama anak dan keluarga. Saat kita liburan, banyak hal yang terjadi di luar dari ekspektasi kita sebelum berangkat, sehingga dengan menanamkan less expectations maka kita dapat lebih relaks saat liburan berlangsung.

Don’t panic

Saat terjadi hal di luar dugaan, usahakan tidak panik agar ayah dan ibu dapat langsung memikirkan solusi praktis yang dapat dilakukan untuk mengatasi hambatan yang terjadi sehingga liburan tetap dapat dinikmati bersama keluarga.

Bonding time

Jadikan liburan sebagai ajang ekspresi anak dan bonding time. Lelah beraktivitas dengan rutinitas padat sehari-hari dapat menjadikan liburan sebagai ajang untuk memperbaiki kualitas hubungan dengan anak. Orangtua lebih mendekatkan diri dan banyak bermain bersama anak sehingga anak pun akan tampil lebih ekspresif serta meningkatkan keharmonisan keluarga.

Jaga kesehatan

Kesehatan perlu dijaga dengan baik agar liburan penuh dengan keceriaan. Jika memang perlu membawa obat-obatan, maka ingat pula membawa surat keterangan dokter yang valid untuk urusan administrasi jika diperlukan yang menerangkan kondisi kesehatan.

Wajib bawa mainan

Mainan wajib dibawa saat berlibur bersama, apalagi jika perjalanan jauh dan anak masih balita. Bawalah mainan yang paling disukai anak agar dapat menghiburnya saat ia rewel selama di perjalanan. [viva]

Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Ingin Liburan Dengan si Kecil Tidak Terasa Hambar, Ikuti Tips Ini

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top