Kamis, 29 Oktober 2020 |
Pariwisata

Ingin Liburan Alam Bebas? Yuk Persiapkan Ini

Sabtu, 01 Apr 2017 | 17:00 WIB Dibaca: 910 Pengunjung

hal yang perlu dipersiapkan saat naik gunung.*

[NEWSmedia] - Saat ini kegiatan di alam bebas makin diminati orang karena gencarnya publikasi di media sosial dan kemudahan akses menuju lokasi tertentu. Tapi, sebelum tergiur untuk menjelajah keindahan alam bebas seperti yang telah dilakukan orang lain, Anda harus menyiapkan banyak hal karena banyaknya faktor bahaya.

Disampaikan Alisar dari Perhimpunan Penempuh Rimba dan Pendaki Gunung Wanadri, sebelum berlibur ke alam bebas, seseorang harus mengantisipasi dua jenis bahaya.

"Kegiatan mendaki gunung, mengarungi sungai, atau di alam bebas lainnya membuat kita sadar ada keindahan dan kekompakkan dalam perjalanan di alam bebas seperti itu. Tapi kita harus sadar juga kalau ada faktor bahaya, pertama bahaya objektif yang berasal dari alam sekitar tujuan kita bermain, yang kedua bahaya subjektif yang berasal dari orangnya," kata Alisar.

Untuk mengantisipasi faktor bahaya objektif, Alisar mengatakan bahwa orang yang ingin melakukan aktivitas di alam bebas harus banyak mencari tahu tentang kondisi lokasi yang akan didatangi.

"Kalau mau naik gunung, misalnya, kan nggak bisa ujuk-ujuk ke gunung tanpa persiapan. Sebelum berangkat harus tahu dulu apakah di sana dingin atau panas kah. Kalau dingin bawa jaket tebal. Lalu ada air nggak, kalau nggak ada bagaimana. Jadi harus cari info dulu sebanyak-banyaknya tentang lokasi yang akan didatangi dan belajar manajemen perjalanan," jelasnya.

Sementara, untuk mengantisipasi bahaya subjektif, mereka yang akan melakukan kegiatan di luar ruangan juga harus punya motivasi dan percaya pada kemampuan diri mereka sendiri, alam, dan Tuhan.

"Jadi kesiapan mental itu tergantung motivasi. Anda sudah tahu ada risiko capek atau kedinginan ketika naik gunung, maka supaya siap dari sisi psikologi harus olahraga dulu, bisa masak atau nggak untuk makan di hutan, bisa tidur di matras atau nggak. Itu perlu latihan. Secara tidak langsung ini akan melatih kepercayaan diri," pungkas Alisar. [okz]

Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Ingin Liburan Alam Bebas? Yuk Persiapkan Ini
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top