Senin, 21 Mei 2018 |
Pariwisata - News Gallery

Ingin Ajak Anak Mendaki Gunung, Ini Tipsnya

Senin, 24 Jul 2017 | 16:00 WIB Dibaca: 449 Pengunjung

Foto ilustrasi.*

[NEWSmedia] - Mengenalkan anak pada alam sejak dini mampu membuat anak memiliki rasa kepedulian dan cinta lingkungan. Anak dapat tumbuh jadi pribadi yang bijak dan berlaku arif ketika dewasa kelak.

Mendaki gunung merupakan salah satu kegiatan yang bisa diajarkan pada anak oleh orang tua dalam mencontohkan untuk cinta pada alam.
Namun, para orang tua tidak boleh sembarangan ketika hendak mengajak anaknya mendaki gunung. Tidak perlu disangkal lagi, mendaki gunung memerlukan persiapan yang matang dan harus melakukan latihan sebelum berangkat, agar dapat meminimalkan kemungkinan-kemungkinan yang tidak diharapkan.

Pastinya Anda tidak ingin anak tertimpa musibah yang membahayakan keselamatannya, bukan?
Nah, untuk itu, sebelum memutuskan untuk pergi mendaki gunung bersama-sama, sebagai orang tua yang baik bagi anak-anak, Anda harus mempelajari terlebih dahulu hal-hal yang perlu dan penting Anda ketahui jika mengajak anak mendaki gunung, berikut tips mengajak anak mendaki gunung yang perlu orang tua tahu dan perhatikan.

Mengusai Ilmu Pendakian
Seperti yang kita ketahui bersama, mendaki gunung bukan kegiatan yang sepele dan mudah untuk dilakukan, bukan karena kini telah banyak ditemukan foto anak-anak yang telah sampai di puncak gunung, kegiatan tersebut seakan terasa mudah untuk dilakukan.

Orang tua harus memenuhi dirinya dengan berbagai ilmu mengenai pendakian gunung. Pengetahun yang penting untuk diketahui itu terkait dengan teknik mendaki, mengetahui kebutuhan wajib dan penting untuk dibawa, dan tahu seluk beluk segala penyakit yang kerap menyerang ketika pendakian.

Serta, yang tidak kalah penting juga ialah orang tua harus mengetahui cara pertolongan pertama jika ada penyakit menyerang, agar anak dapat bertahan kalau hal tersebut terjadi.

Mencari Tahu dan Mempelajari Kondisi Gunung
Sebelum memutuskan mengajak anak bersama-sama mendaki gunung, orang tua harus mengetahui dan mempelajari medan dari jalur pendakian gunung yang akan diraih puncaknya. Hal ini penting untuk dikuasai oleh para orang tua karena medan pada setiap jalur pendakian disebuah gunung tidak lah sama.

Selain itu, alam juga terkadang memberikan kejutan yang sering kali datang tidak terduga-duga dan tidak sesuai dengan ramalan cuaca. Mempelajari literatur gunung juga bertujuan agar orang tua mendapat gambaran umum mengenai medan gunung dan dapat melakukan persiapan lebih matang lagi, untuk menghindari kejadian yang tidak diharapkan.

Mengetahui kondisi gunung juga bermanfaat untuk orang tua dan anak yang diajak mendaki, sebab ada gunung yang sulit dicari sumber airnya, sehingga orang tua dapat mempersiapkan peralatan yang dibutuhkan agar dapat mengantisipasi kejadian seperti kekurangan perbekalan air.

Melakukan Persiapan Matang dan Cermat
Sebelum mendaki gunung, persiapan harus dilakukan dengan matang. Segala kebutuhan dan perlengkapan yang dibawa untuk pendakian harus kembali dicek kesiapan dan ketersediaannya. Bahkan, persiapan fisik seperti latihan harus dilakukan setidaknya satu bulan sebelum keberangkatan menuju puncak gunung.

Perlengkapan yang dibawa haruslah yang memadai, hal itu wajib untuk dilakukan karena cuaca yang terjadi di gunung kerap kali tidak menentu, dan tidak terduga. Pakaian hangat, jaket, jas hujan, obat-obatan, sepatu treking, dan perlengkapan lainnya harus dibawa jangan sampai ada yang tertinggal. Jika ada satu barang saja yang tertinggal, maka bisa jadi keselamatan dan nyawa yang jadi taruhannya.

Kecukupan Logistik
Ketika mengajak serta anak mendaki gunung, para orang tua wajib hukumnya memperhatikan persediaan makanan. Makanan tentu jadi kebutuhan pokok apalagi ketika mendaki gunung. Seorang yang mendaki gunung membutuhkan tenaga yang cukup agar tidak terjangkit penyakit yang membahayakan keselamatan jiwanya. Maka, orang tua harus menyediakan makanan yang sedikit lebih banyak.

Mengajak Orang yang Berpengalaman
Jika orang tua hendak mengajak anak untuk mendaki gunung, dianjurkan agar juga mengajak serta pendaki yang dapat memandu mereka dalam perjalanan, apalagi kalau orang tua tidak memiliki pengalaman pendakian sebelumnya, maka hal ini penting untuk dilakukan, agar tidak terjadi peristiwa yang tidak diingini seperti tersesat.

Penanganan yang salah dalam mengatasi penyakit yang timbul saat mendaki dan masalah lainnya yang bisa saja terjadi tiba-tiba.  [okz]

Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Ingin Ajak Anak Mendaki Gunung, Ini Tipsnya
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top