Minggu, 24 Juni 2018 |
Pariwisata - News Gallery

Indahnya Pantai Papuma di Jember yang Dipenuhi Mitos

Kamis, 14 Sept 2017 | 16:00 WIB Dibaca: 502 Pengunjung

Pantai papuma.*

[NEWSmedia] - Wisata alam di Kabupaten Jember tak perlu diragukan lagi keindahannya. Alam yang belum banyak terkena sentuhan tangan ini menyimpan pesona yang menjadi daya tarik.

Sebut saja Pantai Papuma yang menjadi salah satu daya tarik Jember sejak 2014. Baru beberapa tahun belakangan ini Pantai Papuma dikembangkan dan dikunjungi wisatawan.

Nama Pantai Papuma sendiri merupakan singkatan Pasir Putih Malikan. Malikan adalah batu karang pipih yang berada di area pantai ini. Pasir putih, laut biru, ombak besar, dan langit yang tak kalah birunya membuat Pantai Papuma adalah salah satu pantai terbaik yang wajib dikunjungi jika Anda berkunjung ke Jember.

Pantai Papuma dikelilingi hutan jati yang lebat dan membuatnya terlihat seperti hamparan karpet biru dan hijau yang diletakkan bersebelahan. Di bibir pantainya Anda akan melihat banyaknya bebatuan yang terhampar di sana.

Dari bibir pantai, kita bisa melihat 7 pulau karang yang terletak di lautan. Pulau-pulau tersebut hanya terdiri dari batu karang berukuran besar dan hanya bisa dicapai menggunakan perahu penduduk.

Ketujuh pulau tersebut masing-masing diberi nama, di antaranya adalah Pulau Nusa Barong, Pulau Batara Guru, Pulau Narada, Pulau Kodok, Pulau Kresna, dan Pulau Kajang. Namun yang paling dekat letaknya dan mudah dijangkau adalah Pantai Narada.
Meski indah, Pantai Papuma juga tak lepas dari mitos-mitos yang dipercaya oleh masyarakat. Mitos yang berkembang di Pantai Papuma adalah adanya kekuasaan Nyi Roro Kidul atau penunggu laut selatan. Ombaknya yang ganas kerap memakan korban. Hal ini lah yang membuat mitos tersebut semakin kuat. Karenanya, di pantai ini terpasang papan peringatan yang menandakan batas bermain air.

Jika Anda ingin berkunjung ke sini, siang hari maupun sore hari adalah waktu terbaik. Di siang hari, Anda bisa menikmati waktu bersantai dengan hembusan angin sepoi-sepoi serta suara deburan ombak. Namun di sore hari, Anda bisa menyaksikan momen matahari terbenam yang meninggalkan rona merah di langit. Ditambah dengan banyaknya perahu nelayan di sore hari, Anda bisa mendapatkan foto yang indah.

Pantai Papuma terletak di Desa Lojejer, Kecamatan Wuluhan, Kabupaten Jember, Jawa Timur. Jaraknya sekira 45 kilometer dari pusat kota Jember dan dapat ditempuh dalam waktu 1 hingga 1,5 jam.

Sebelum mencapai pantai, Anda harus berjalan kaki dari pintu masuk sekira 500 meter melewati hutan jati. Hanya dengan Rp15 ribu, Anda bisa menikmati keindahan Pantai Papuma sambil mendengarkan alunan suara alam. [okz]

Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Indahnya Pantai Papuma di Jember yang Dipenuhi Mitos
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top