Jumat, 23 Oktober 2020 |
Pariwisata - News Gallery

Indahnya Hidden Paradise di Air Terjun Ciupang Lampung

Selasa, 06 Mar 2018 | 16:00 WIB Dibaca: 983 Pengunjung

Air Terjun Ciupang Lampung.*

[NEWSmedia] - Wisata alam menjadi keunggulan dari Provinsi Lampung. Seperti 'surga tersembunyi', masih banyak destinasi wisata alam yang belum tereksplorasi.

Salah satunya yakni, Air Terjun Ciupang yang berada di Kabupaten Pesawaran. Air terjun yang berada di perbukitan Padang Cermin ini memiliki keindahan yang menghipnotis dengan kondisi alam yang masih asri dan alami.

Untuk bisa mencapai lokasi air terjun ini pun harus susah payah. Traveler harus mendaki terlebih dahulu. Namun, kelelahan setelah mendaki langsung dibayar lunas dengan keindahan yang diberikannya.

Jika ingin berkunjung ke air terjun ini, traveler harus menyewa mobil dari Bandar Lampung. Meski jarak tidak terlalu jauh, hanya sekitar 60 kilometer dari pusat kota, transportasi umum masih jarang.

Dari Bandar Lampung, travel menuju Dusun Purwaja, Desa Sumber Jaya, Kecamatan Padang yang menempuh sekitar 1,5 jam perjalanan. Kemudian, dari Dusun Purwajaya travel harus menyusuri jalan setapak. Tracking di jalanan perbukitan ini bisa ditempuh 10 – 20 menit. Jalanan yang terjal menjadi tantangan tersendiri bagi traveler.

Meski medan yang ditempuh terjal dan agak sulit, traveler disuguhkan dengan pemandangan perkebunan coklat dan aliran sungai dari air terjun. Perjalanan dengan kondisi pendakian yang sedikit curam pasti akan membuat pengunjung merasa lelah.

Namun, rasa lelah selama perjalanan menuju air terjun ini seakan terbayar setelah panorama Air Terjun Ciupang mulai terlihat. Treaveler pun dimanjakan keindahan air terjun dengan ketinggian sekitar 50 meter.

Derasnya curahan air terjun, sudah tentu akan membuat traveler tidak sabar ingin bermain. Tetapi, traveler harus hati-hati. Karena, kondisi bebatuan di air terjun ini agak berlumut dan licin.

Bagi traveler yang ingin sekadar berbasah-basahan di Air Terjun Ciupang ini rute tercepat yang bisa ditempuh. Jika ingin menggunakan transportasi umum, dari Bandar Lampung naik Bus Damri jurusan Hanura, Kabupaten Pesawaran. Kemudian menyambung dengan angkutan perdesaan (angdes) di Kecamatan Hanura menuju Kecamatan Padang Cermin dan berhenti di Pasar Kluwih.

Sedangkan jika menggunakan kendaraan pribadi, dari Bandar Lampung ke arah Pesisir Teluk Lampung. Lalu menyusuri jalan di pesisir tersebut menuju Kecamatan Padang Cermin, atau kearah Teluk Kiluan. Setelah melewati Pasar Kluwih, traveler masuk ke jalan berbatu ke arah Kelumbayan. [okz]

Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Indahnya Hidden Paradise di Air Terjun Ciupang Lampung
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top