Sabtu, 25 November 2017 |
Highlight - News Community

IMIKI Banten Bikin Pelajar SMPN 2 Kramatwatu ‘Melek Media’

Kamis, 20 Jul 2017 | 08:11 WIB Dibaca: 513 Pengunjung

Pengurus IMIKI Banten usai melakukan kegiatan Hari Melek Media 2017 di SMPN 2 Kramatwatu, Kabupaten Serang, Rabu (19/7/2017). (Foto: Istimewa)

SERANG, [NEWSmedia] - Peringatan Hari Melek Media tahun ini dijadikan momen oleh Ikatan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Indonesia (IMIKI) Provinsi Banten untuk berbagi pengetahuan tentang media kepada para pelajar. Mereka memberikan pemahaman tentang penggunaan media termasuk menggambarkan efek-efek yang terjadi karena media.

Hari Melek Media merupakan agenda tahunan IMIKI Banten dan merupakan bagian dari program pengabdian masyarakat sebagai wujud Tri Dharma Perguruan Tinggi. Sasaran sosialisasi tentang literasi media yaitu para siswa di SMP Negeri 2 Kramatwatu, Kabupaten Serang.

Ketua IMIKI Cabang Provinsi Banten, Nurul Fajri mengatakan, pemberian pengetahuan literasi media sangat penting, terutama bagi anak-anak yang saat ini sedang menghadapi penetrasi media serta kehadiran tayangan yang kurang mendidik.

Menurut Fajri, dalam kegiatan ini para siswa diperkenalkan dengan fungsi media, khususnya televisi, mulai dari cara penggunaan yang benar, batasan, hingga memilih tayangan yang sesuai. Para pelajar tersebut diberi pemahaman bahwa tayangan yang mereka saksikan di media tidak semuanya layak ditonton, dan masih banyak kegiatan positif yang dapat mereka lakukan selain menonton televisi.

“Kegiatan ini dilaksanakan guna menghantam efek negatif dan sekaligus memberikan kesadaran untuk lebih bijak dalam mengkonsumsi konten media itu sendiri,” kata Fajri di sela-sela kegiatan Hari Melek Media 2017 di SMPN 2 Kramatwatu, Kabupaten Serang, Rabu (19/7/2017).

Kepala SMP Negeri 2 Kramatwatu, Doddy Mulyana mengatakan, kegiatan para mahasiswa ilmu komunikasi itu merupakan langkah positif terhadap siswanya yang dianggap belum begitu paham cara menggunakan media dengan bijak.

“Ketika ada upaya untuk mencerdaskan masyarakat melalui Hari Melek Media, ini merupakan terobosan yang sangat baik. Mudah-mudahan bisa ditindaklanjuti dikembangkan dan menyasar semua kalangan masyaraka,” katanya. [ard]

Editor: Arif Darma
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

IMIKI Banten Bikin Pelajar SMPN 2 Kramatwatu ‘Melek Media’
Top