Rabu, 23 September 2020 |
News Room

Imigrasi Tunda Ribuan Kepemilikan Paspor WNI

Selasa, 11 Apr 2017 | 14:17 WIB Dibaca: 812 Pengunjung

Ilustrasi

TANGERANG, [NEWSmedia] - Dalam kurun waktu tiga bulan (Januari-Maret) sebanyak 2.328 WNI ditunda kepemilikan paspornya oleh Kantor Imigrasi. Hal ini dilakukan karena ada dugaan ribuan WNI tersebut akan bekerja secara nonprosedural (ilegal) di luar negeri.

Kepala Humas Kantor Imigrasi Klas 1A Bandara Soetta Agung Sampurno menuturkan, penundaan paspor para CTKI nonprosedural tersebut dilakukan oleh 92 Kantor Imigrasi di Indonesia. Kantor Imigrasi yang banyak melakukan penundaan permohonan paspor CTKI yaitu Kantor Imigrasi Batam sebanyak 223 orang, Kantor Imigrasi Jember 157 orang, dan Kantor Imigrasi Tanjung Perak 120 orang.

Disamping itu, keberangkatan para CTKI nonprosedural tersebut juga ditunda oleh Ditjen Imigrasi di 20 Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) yang meliputi Bandar Udara dan pelabuhan laut internasional.

"Terdapat 475 orang yang berdasarkan hasil pemeriksaan keimigrasian di TPI terindikasi kuat akan bekerja di luar negeri secara nonprosesural/illegal," katanya kepada media, Selasa (11/4/2017).

Dia melanjutkan, beberapa TPI yang banyak melakukan penundaan keberangkatan kepada CTKI nonprosedural adalah TPI Udara Juanda Surabaya sebanyak 124 orang, TPI Laut Batam Kepri 104 orang dan TPI Udara Soekarno Hatta Jakarta 94 orang.

"Upaya Pencegahan CTKI non prosedural diharapkan dapat menekan potensi terjadinya TKI menjadi korban TPPO yang hingga saat ini jumlah dan modusnya terus berkembang," katanya. [okz]

Penulis: Okz
Editor: Indra Gunawan
Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Imigrasi Tunda Ribuan Kepemilikan Paspor WNI
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top