Selasa, 02 Juni 2020 |
News Room

ICMI Banten Ingatkan Pentingnya Jadi Peserta BPJS Ketenagakerjaan

Rabu, 21 Agt 2019 | 14:14 WIB Dibaca: 378 Pengunjung

Sosialisasi BPJS Ketenagakerjaan kepada masyarakat pekerja re Tan di Aula TPI Karangantu, Kota Serang, Rabu (21/8/2019).*

SERANG, [NEWSmedia] - Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI) Wilayah Banten mensosialisasikan manfaat BPJS Ketenagakerjaan bagi pekerja rentan di Aula Pelelangan Ikan, Karangantu, Kota Serang, Rabu (21/8/2019).

Ketua ICMI Wilayah Banten, Lili Romli mengatakan, sosialisasi tersebut dilakukan agar para perkeeja rentan seperti nelayan faham dan mau mendaftarkan diri sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan.

"Jadi ketika ada musibah, sakit, bahkan meninggal dunia, itu kan perlu biaya, negara hadir melindungi mereka itu, supaya diobatin, santunan dan yang lainnya, maka ICMI mencoba sosialisasi kan semua hal agar masyarakat bisa mengerti," kata Lili kepada awak media.

Ia menjelaskan, sejauh ini pihaknya telah melakukan kroscek di lapangan dan menemukan para pekerja rentan tersebut belum terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan.

"Pekerja rentan ini kan tidak ada yang menjamin kecuali dirinya sendri, maka kita harapkan mereka masuk menjadi anggota BPJS Ketenagakerjaan, supaya ketika ada hal tadi, negara bisa mengatasinya, kalau tidak (terdaftar-red), nanti susah," jelasnya.

Sementara itu Asisten Deputi Direktur BPJS Ketenagakerjaan Wilayah Banten Didin Haryono menjelaskan, banyak manfaat yang akan diterima oleh para nelayan ketika terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan.

"Masyarakat nelayan kalau terjadi kecelakaan, kita bantu perawatan sampe tuntas dan kalau mereka tidak bisa melaut, kita berikan santunan yang namanya santunan tidak mampu bekerja, ketika tidak melaut, maka keluarganya tidak kehilangan istilahnya untuk makan, minimal perbualan Rp1 juta," kata Didin.

Ia juga menegaskan, jika terjadi kecelakaan sampai mengakibatkan korban meninggal dunia, pihaknya akan memberikan bantuan sampai Rp50 juta dan beasiswa pendidikan bagi anak korban.

"Kalau meninggal dunia biasa, bukan karena pekerjaan, bantuan minimal Rp24 juta dan beasiswa bagi anaknya dan kalau meninggal akibat kerja, minimal Rp48 juta, uang kubur Rp3 juta, santunan perkara Rp200 ribu selama satu tahun plus beasiswa Rp12 juta buat anaknya," pungkasnya. [ahi]

Penulis: Ahmad Hifni
Editor: Indra Gunawan
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

ICMI Banten Ingatkan Pentingnya Jadi Peserta BPJS Ketenagakerjaan
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top