Kamis, 25 Februari 2021 |
News Room - Pendidikan

Hore! Pendaftaran PPDB 2017 di Kota Tangerang Diperpanjang

Minggu, 09 Jul 2017 | 11:15 WIB Dibaca: 1050 Pengunjung

Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah saat rapat membahas persoalan PPDB 2017 tingkat SMP dan SD Negeri di Kota Tangerang, Sabtu (8/7/2017).*

TANGERANG, [NEWSmedia] - Pemerintah Kota Tangerang mengeluarkan kebijakan untuk memperpanjang waktu pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SMP tahun 2017. Pendaftaran diperpanjang selama dua hari, yakni pada Minggu, (9/7/2017) sampai Senin (10/7/2017), besok.

Kebijakan tersebut ditetapkan berdasarkan hasil rapat Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah bersama dengan Dinas Pendidikan dan pihak terkait di Kota Tangerang, Sabtu (8/7/2017).

Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah mengambil sikap dengan mengedepankan faktor nilai dan usia setelah faktor zonasi terkait dengan polemik Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) yang terjadi di kota Tangerang.

Menurut Arief, nilai akademis yang telah diraih oleh siswa merupakan hasil dari proses belajar dan kerja keras. Ia mengatakan, kebijakan ini diharapkan dapat membantu para calon siswa yang memiliki nilai akademis baik untuk dapat mengenyam pendidikan yang layak di Kota Tangerang.

"Mudah - mudahan ini bisa bantu siswa supaya bisa lebih mudah daftar sekolah. Kan kasian yang nilainya bagus tapi susah daftar sekolah ,” kata Arief dalam siaran pers yang diterima NEWSmedia, Sabtu (8/7/2017) petang.

Sistem PPDB untuk tingkat SMP di Kota Tangerang, selain faktor usuai, faktor nilai yang menjadi prestasi siswa juga akan diprioritaskan. Hal ini mematahkan kebijakan yang dikeluarkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tentang sistem zonasi yang tertuang dalam Permendikbud No. 17 tahun 2017 yang dianggap menjadi sebuah masalah baru bagi siswa yang memiliki nilai akademis tinggi, namun tidak berada dalam zona penerimaan sekolah yang notabene berada di dekat tempat tinggal calon siswa.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Tangerang Abduh Surahman menambahkan, nilai menjadi prioritas kedua setelah zonasi, sehingga proses pendaftaran diperpanjang sampai 10 Juli. Sebelumnya, proses pendaftaran dibuka 6 sampai 8 Juli.

“Nilai akademis yang dimiliki oleh siswa merupakan hasil kerja keras dan belajar siswa, maka sebagai bentuk apresiasi kita kedepankan faktor nilai dan umur siswa dalam proses seleksi. Meski zonasi masih menjadi pertimbangan utama," ujarnya.

Untuk itu, Abduh mengimbau kepada orang tua murid untuk segera mendaftarkan putra-putrinya kembali. “Masih ada kesempatan, bagi mereka yang cabut berkas pun bisa melakukan pendaftaran kembali,” tuturnya. [ard]

Editor: Arif Darma
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Hore! Pendaftaran PPDB 2017 di Kota Tangerang Diperpanjang
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top