Selasa, 07 Juli 2020 |
News Room

HMI MPO Cabang Serang Pastikan Ikut Demo 2 Desember di Jakarta

Rabu, 30 Nov 2016 | 19:14 WIB Dibaca: 1050 Pengunjung

Foto ilustrasi.*

SERANG, [NEWSmedia] - Pengurus Besar (PB) Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Majelis Penyelamat Organisasi (MPO) melarang seluruh kader dan Pengurus HMI Cabang di seluruh Indonesia untuk ikut Aksi Bela Islam Jilid III pada 2 Desember 2016 di Jakarta.

Larangan itu disampaikan melalui surat edaran PB HMI yang diterima oleh pengurus HMI MPO Cabang Serang per tanggal 29 November 2016.

Ketua Umum HMI MPO Cabang Serang, Suhendra mengaku sangat menghargai sikap PB HMI yang tidak memperbolehkan kader serta pengurus ikut Aksi Bela Islam Jilid III pada 2 Desember 2016.

Namun Suhendra mengatakan, pihaknya sudah bersepakat untuk tetap berangkat ke Jakarta mengikuti aksi tersebut.

"Saya beserta seluruh cabang yang ada di wilayah Jawa bagian barat, sudah bersepakat untuk tetap terlibat dalam aksi tersebut, dikarenakan masalah ini adalah bagian dari masalah keumatan yang harus disikapi,” kata Suhendar, Rabu (30/11/2016).

Menurut dia, kasus dugaan penistaan agama oleh Ahok dinilai sudah sangat menyinggung umat Islam. Kasus tersebut, lanjut Suhendar, selama ini sudah menjadi pembahasan pengurus HMI.

“Sebelumnya juga kami sudah mengikuti Aksi Bela Islam 4 November 2016 di Jakarta yang diawali dengan aksi di Kota Serang," ungkapnya.

Suhendar berharap kasus penistaan agama serta permasalahan keumatan lainnya bisa segera ditangani kepolisian.

Sementara itu, Irvan Saputra selaku Ketua Badan Koordinasi (Badko) HMI Jawa Bagian Barat yang meliputi Provinsi Banten, DKI Jakarta dan Jawa Barat mengatakan, adanya surat edaran yang diterima pengurus HMI Cabang Serang tersebut sebetulnya masih dalam tahap kajian di internal PB HMI.

Menurutnya, PB HMI sebenarnya tidak melarang secara mutlak para kader dan pengurus cabang, akan tetapi lebih kepada mengimbau agar tetap berhati-hati.

"Sebaikanya memang tidak usah mengikuti Aksi Bela Islam jilid III pada 2 Desember 2016,” kata Irvan.

Ia menegaskan, surat edaran dari PB HMI berisi tujuh poin imbauan yang ditujukan kepada seluruh kader dan pengurus HMI Cabang se-Indonesia.

”Salah satu poinnya adalah imbauan kepada kader dan pengurus cabang, agar tidak terlibat dalam aksi bela Islam jilid 3 pada 2 Desember 2016 di Jakarta. Sebab, berdoa, berzikir, dan bertausiah juga bisa dilakukan di cabang masing-masing. Jadi tidak ada yang salah dengan surat edaran dari PB HMI itu,” tuturnya.

Untuk diketahui, surat edaran dari PB HMI itu bernomor: 70/A/SEK/02/1438 ditujukan kepada seluruh pengurus HMI MPO se-Indonesia, dengan mengambil sikap agar seluruh kader dan pengurus HMI Cabang di seluruh Indonesia tidak mengikuti dan menggunakan atribut HMI dalam 'Aksi 212' mendatang. [ahi]

Penulis: Ahmad Hifni
Editor: Arif Darma
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

HMI MPO Cabang Serang Pastikan Ikut Demo 2 Desember di Jakarta
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top