Sabtu, 24 Agustus 2019 |
Kesehatan - News Gallery

Hindari Sindrom 'Baby Blues' Dengan Melakukan 6 Hal Ini

Rabu, 24 Mei 2017 | 01:01 WIB Dibaca: 642 Pengunjung

Foto Ilustrasi

[NEWSmedia] - Kehamilan merupakan salah satu proses dalam hidup wanita yang begitu luar biasa. Saat hamil, terjadi berbagai macam perubahan fisik dan emosional di dalam tubuh Anda. Dan ternyata setelah Anda melahirkan pun, perubahan ini tidak hanya berhenti sampai di situ.

Apakah Anda mendengar istilah baby blues? Istilah ini merupakan penggambaran dari stres yang terjadi pasca melahirkan. Stres ini terjadi karena berbagai macam alasan seperti lelah fisik, lelah mental, tidak siap dalam menangani buah hati, dan hal lainnya.

Jika Anda mengalami hal di atas, inilah cara efektif untuk mengatasinya.

Makan makanan sehat

Tubuh Anda membutuhkan asupan nutrisi yang tinggi terutama apabila Anda menyusui bayi Anda. Oleh karena itu konsumsilah makanan yang sehat dan seimbang. Selain dapat memenuhi nutrisi ASI, makanan sehat juga akan membuat Anda pulih dari rasa sakit saat melahirkan lebih cepat.

Olahraga

Selain makan makanan sehat, olahraga setelah hamil juga penting. Hal ini akan membantu Anda untuk menurunkan berat badan yang dapat menjadi penyebab utama Anda stres setelah melahirkan. Olahraga juga dapat mengendalikan kembali keseimbangan hormonal Anda.

Tidur cukup

Tidur cukup menjadi kunci dari manajemen stres setelah melahirkan. Walaupun sulit mengatur waktu untuk tidur terutama di malam hari, maka cobalah untuk tidur ketika buah hati Anda sedang tidur.

Relaksasi

Relaksasi juga dapat membantu Anda dalam menurunkan stres setelah melahirkan. Menghabiskan waktu untuk bermain dengan buah hati dapat menjadi cara sederhana untuk relaksasi.

Yoga

Yoga merupakan pelengkap dari relaksasi yang Anda lakukan. Yoga dapat bertindak sebagai sarana olahraga dan menenangkan pikiran. Yoga juga mampu mengembalikan kebugaran tubuh Anda setelah melahirkan.

Manjakan diri Anda

Hanya sedikit wanita yang menyadari betapa pentingnya memanjakan diri setelah melahirkan. Terutama ketika buah hati menjadi fokus utama dalam hidup Anda. Namun tidak ada salahnya apabila Anda sesekali memanjakan diri dengan berkunjung ke salon dan membuat diri Anda cantik. Hal ini efektif untuk meningkatkan rasa percaya diri Anda dan membantu Anda dalam mengatasi stres.

Stres pasca melahirkan tidak boleh Anda biarkan begitu saja sebab mampu mengakibatkan dampak yang lebih buruk. Sehingga Anda dapat melakukan cara di atas untuk mencegahnya sejak dini. [mdk]

Editor: Newsmedia
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Hindari Sindrom 'Baby Blues' Dengan Melakukan 6 Hal Ini
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top