Senin, 19 Agustus 2019 |
News Room

Hindari Penumpukan! Pemudik Diimbau 'Nyeberang' Merak-Bakauheni Siang Hari

Rabu, 29 Mei 2019 | 09:09 WIB Dibaca: 296 Pengunjung

Antrean kendaraan di Pelabuhan Merak, Kota Cilegon. [Dok: NEWSmedia]*

SERANG, [NEWSmedia] - Kapolda Banten Irjen Pol Tomsi Tohir mengimbau kepada para pemudik yang akan menyebrang dari Pelabuhan Merak menuju Bakauheni untuk melakukan perjalanan di siang hari.

Menurutnya, hal tersebut dilakukan untuk mengantisipasi kepadatan kendaraan yang sering terjadi saat malam hari di Pelabuhan Merak, terutama pada tanggal 30 Mei hingga 1 Juni 2019 yang diprediksi akan menjadi titik puncak arus mudik.

"Sangat berharap dan mengimbau pengguna pelabuhan, upayakan tidak melakukan penyebrangan di malam hari, karena kalau siang hari kondisi angkutan kita stabil, tapi kalau malam hari antrean banyak, upayakan penyebrangan siang hari, kecuali terpaksa," kata Tomsi kepada awak media, Rabu (29/5/2019).

Ia menjelaskan, di Pelabuhan Merak, dalam satu menit sebanyak 19 mobil roda empat bisa masuk ke dalam kapal, sedangkan jumlah kendaraan yang masuk ke Pelabuhan Merak sebanyak 68 per-menit.

"Kita optimalkan percepatan bongkar muat, agar tidak terjadi kepadatan di Merak," jelasnya.

Selain itu, lanjut Tomsi, untuk mengantisipasi kepadatan, pihaknya mengupayakan untuk penyebrangan truk menggunakan pelabuhan Bojonegara, Kabupaten Serang.

"Kita melakukan pengalihan untuk truk di pelabuhan Bojonegara, di sana ada 4 kapal, 1 kapal ada yang kapasiti 50-100 truk, sehari bisa beroperasi 4 kali," pungkasnya. [ahi]

Penulis: Ahmad Hifni
Editor: Indra Gunawan
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Hindari Penumpukan! Pemudik Diimbau 'Nyeberang' Merak-Bakauheni Siang Hari
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top