Minggu, 16 Agustus 2020 |
Kesehatan - News Gallery

Hindari Katarak Dengan Rutin Konsumsi Alpukat

Rabu, 31 Jan 2018 | 06:32 WIB Dibaca: 665 Pengunjung

Foto ilustrasi

[NEWSmedia] - Katarak merupakan penyakit yang umumnya diderita oleh lansia. Penyakit kekeruhan pada lensa mata yang dapat menyebabkan kebutaan ini masih dapat disembuhkan dengan operasi.

Menurut penjelasan dr. Karin Wiradarma, Anda dapat memperlambat terjadinya katarak dengan melakukan beberapa hal. Di antaranya adalah tidak merokok, menghindari paparan sinar matahari, mencegah diabetes, dan mengonsumsi makanan-makanan yang mengandung nutrisi bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata.

Beberapa studi menemukan bahwa zat lutein dan zeaxanthin berperan dalam melawan pembentukan katarak. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi buah alpukat. Buah ini sangat kaya akan serat, nutrisi, mengandung kolesterol baik, vitamin A, C, D, E, K, B, dan kalium.

Lutein adalah jenis karotenoid (antioksidan) yang dapat mencegah kebutaan akibat katarak dan kerusakan retina mata. Alpukat mengandung kadar lutein yang cukup tinggi yakni 80 gram, sementara rata-rata suplemen lutein hanya 10 mg.

Sama halnya dengan lutein, zeaxanthin termasuk antioksidan golongan antioksidan yang dapat mencegah terbentuknya radikal bebas yang dapat merusak kesehatan mata.

Alpukat terbukti dapat mencegah katarak

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Universitas Harvard, mereka yang rutin mengonsumsi lutein dan zeaxanthin memiliki risiko katarak 18% lebih rendah. Kemampuan lutein dan zeaxanthin dalam melawan katarak juga disetujui oleh studi lainnya, di antaranya Nurses’ Health Study dan The Beaver Dam Eye Study.

Melihat berbagai penelitian yang telah dilakukan, sudah tidak diragukan lagi khasiat alpukat untuk mencegah katarak. Mulai sekarang, jangan lupa konsumsi alpukat secara rutin agar terhindar dari kebutaan. [lpt]

Editor: Newsmedia
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Hindari Katarak Dengan Rutin Konsumsi Alpukat

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top