Jumat, 04 Desember 2020 |
Kesehatan - News Gallery

Hindari Empat Makanan Ini Saat Sarapan

Sabtu, 28 Jan 2017 | 06:31 WIB Dibaca: 1290 Pengunjung

Foto Ilustrasi

[NEWSmedia] - Sarapan menjadi pembuka hari agar Anda lebih berenergi saat memulai aktivitas. Bagi sebagian orang, sarapan pagi bisa saja berupa minum susu dan roti. Anda mungkin memilih menu sarapan yang ringan dan tidak terlalu mengenyangkan.

Namun, Anda harus mengetahui, makanan yang cocok dan harus dihindari saat sarapan. Dilansir dari New Zealand Herald, ahli gizi yang berbasis di Sydney, Australia, Lyndi Cohen, membeberkan menu makanan apa saja yang harus dan tidak harus dimakan untuk sarapan.

Yoghurt
Menurut Lyndi, yoghurt tidak selalu cocok menjadi menu diet yang dimakan saat sarapan."Yoghurt memang mengandung kalsium tinggi, yang dibutuhkan banyak wanita.

Tapi umumnya yoghurt termasuk pilihan makanan manis yang berada di toko-toko sehingga tidak baik untuk kesehatan Anda," katanya.

Sebaliknya, cobalah menu lain penuh lemak tanpa pemanis dan rasa berupa kacang-kacangan dan buah.

Lyndi menganjurkan untuk membaca daftar bahan makanan tiap kali Anda tidak yakin seberapa besar gula sekaligus menyadari banyak perusahaan makanan yang menggunakan beberapa istilah untuk gula, seperti molasses, glukosa, dan sirup.

Sereal
Selama beberapa dekade, sereal seperti muesli, cornflake, dan  rice puffs ataub bubbles menjadi menu pokok untuk sarapan bagi kebanyakan orang.

Namun, ketika efek yang dirasakan terlihat pada ukuran pinggang, Anda mungkin akan berpikir dua kali untuk sarapan sereal.

"Jika Anda akan makan sereal, saya sarankan versi wholegrain (produk olahan dari gandum). Misal, All Bran, Sultana Bran, dan mueslis panggang kering," kata Lyndi.

Anda bisa melakukan tes, apakah sereal Anda sehat atau tidak sereal dengan melihat seberapa cepat sereal larut dalam susu.

"Mueslis panggang kering umumnya tanpa tambahan gula dan jauh lebih baik untuk kesehatan Anda."

Cohen mengatakan, sarapan yang paling aman adalah bubur, yang dapat dipermanis dengan buah dan kacang-kacangan dan mengandung gula alami yang baik.

Kue kering
Kebanyakan orang mengetahui, kue-kue kering berupa croissant dan roti isi cokelat bukan pilihan sehat untuk dimakan pertama kali setelan Anda bangun tidur.

Tapi hal itu tidak menghentikan sebagian orang yang makan roti isi cokelat sembari memesan kopi di sebuah kafe.

"Kue-kue berpengaruh sangat sedikit untuk kesehatan selain rasanya yang enak. Anda bisa sarapan roti gandum dengan telur rebus atau rebus, bayam dan alpukat pada pagi hari jauh lebihb baik ketimbang bubur. Anda pun akan tetap kenyang sampai waktu makan siang tiba," lanjutnya.

Sereal bar
Menurut para ahli gizi, sereal bar yang dibeli dari toko-toko harus dihindari. Hal ini dikarenakan, dikemas dengan gula, pemanis buatan, dan bahan-bahan yang tidak sehat.

"Saya menghindari snack-bar dan sarapan sereral bar lainnya karena makanan itu mungkin tidak cocok. Saya termasuk penggemar pisang dan beberapa kacang-kacangan, cukup nyaman memakan dan lebih baik kandungan gizinya," ungkap Lyndi.

Anda juga perlu menghindari minuman saat sarapan berupa smoothie buah dan jus jika tidak membuat Anda kenyang. Anda bisa mengonsumsinya nanti.

"Saya percaya bila  Anda dapat menemukan menu sarapan berupa sayuran, maka Anda berhasil sarapan dengan baik," tutupnya. [lpt]

Editor: Newsmedia
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Hindari Empat Makanan Ini Saat Sarapan
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top