Rabu, 03 Juni 2020 |
Kesehatan

Hidung Tersumbat Bikin Sulit Tidur? Coba Cara Ini

Selasa, 17 Des 2019 | 10:50 WIB Dibaca: 473 Pengunjung

Foto ilustrasi.*

[NEWSmedia] - Alergi, pilek, flu, dan penyebab umum lainnya dari hidung tersumbat dapat membuat sulit tidur. Padahal, tidur sangat penting untuk penyembuhan infeksi. Sebuah studi tahun 2015 bahkan menemukan bahwa tidur yang lebih baik dapat mengurangi risiko pilek, dilansir di Medical News Today, Senin (16/12).

Medical News Today juga merangkum beberapa strategi berikut bisa dicoba untuk membuat tidur lebih nyenyak saat hidung tersumbat.

Tinggikan posisi kepala
Hidung tersumbat cenderung lebih buruk di malam hari karena hidung dan sinus lebih sulit untuk mengering. Ini berarti lendir terkumpul di kepala, sehingga sulit bernafas dan berpotensi menyebabkan sakit kepala di pagi hari.

Coba angkat kepala pada beberapa bantal untuk membantu sinus mengalir lebih mudah. Beberapa orang juga merasa lega dengan tidur di kursi malas atau sofa.

Gunakan alat humidifier
Hidung kering bisa terasa sakit dan lebih sensitif terhadap lendir. Humidifier melembabkan udara, mencegah kekeringan yang berlebihan dan mengurangi rasa sakit saat sesak nafas.

Beberapa orang suka menambahkan minyak esensial, seperti peppermint atau eucalyptus, ke humidifier. Penting untuk membersihkan alat ini secara teratur, karena kelembapan dapat meningkatkan pertumbuhan bakteri dan jamur. Cara terbaik adalah membaca instruksi mesin tentang membersihkan dan mendisinfeksi.

Minum madu
Hidung tersumbat dapat menyebabkan orang bernapas melalui mulut, membuat tenggorokan kering dan sakit. Ketika seseorang sudah menderita batuk atau sakit tenggorokan, ini bisa membuatnya sulit tidur. Madu melapisi tenggorokan, dan meredakan ketidaknyamanan.

Madu bahkan dapat bekerja sebagai penekan batuk. Madu adalah pilihan paling efektif untuk meredakan gejala batuk.  Anak-anak juga mungkin lebih mau mencoba madu daripada obat-obatan. Untuk orang-orang tanpa alergi madu, risiko efek samping atau reaksi negatif sangat rendah.


Mandi uap sebelum tidur
Uap panas dapat membantu membuka sinus. Uap mengendurkan lendir kering dan dapat membantu hidung mengering sebelum tidur, mengurangi rasa sakit dan hidung tersumbat.

Beberapa orang menemukan bahwa memijat kulit yang menutupi sinus menyebabkan kekeringan lebih lanjut.  Mandi air hangat sebelum tidur juga dapat membantu seseorang rileks sebelum mencoba tidur.

Gunakan larutan garam
Semprotan saline yang mengandung sejumlah kecil garam yang dicampur ke dalam air steril, dapat membantu menghilangkan sinus yang tersumbat. Saline membantu menghilangkan iritasi dan pembengkakan, dan mereka juga dapat membantu seseorang merasa kurang sesak di malam hari. Saline yang tidak mengandung obat-obatan aman digunakan beberapa kali per malam, sehingga seseorang dapat mencoba menyimpan semprotan garam di dekat tempat tidur dan menggunakannya kapan saja diperlukan.

Kenakan strip hidung
Strip hidung menempel pada pangkal hidung dan menarik sedikit lubang hidung. Meskipun banyak orang menggunakan strip hidung untuk mencegah mendengkur, mereka juga dapat membuatnya lebih mudah untuk bernapas ketika seseorang memiliki hidung yang tersumbat. Cobalah tidur dengan strip hidung sampai hidung tersumbat berkurang.

Cobalah obat flu dan pilek
Menggunakan obat flu dan pilek dengan dekongestan dan bahan-bahan lain dapat membuat Anda lebih mudah untuk bernafas. Obat-obatan ini juga dapat membantu dengan gejala lain, seperti otot pegal dan sakit kepala.

Orang-orang harus berhati-hati untuk menghindari produk-produk yang tidak memberi efek mengantuk di malam hari, karena hal ini dapat mempersulit tidur.  Sebaliknya, umumnya lebih baik untuk menghindari produk dengan efek tidur ketika di siang hari, karena ini kemungkinan akan menyebabkan kantuk. [rpk]

Editor: Newsmedia
Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Hidung Tersumbat Bikin Sulit Tidur? Coba Cara Ini
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top