Sabtu, 19 Agustus 2017 |
News Room - Peristiwa - Hukum

Heboh Mi Instan asal Korea Mengandung Babi

Senin, 19 Jun 2017 | 14:49 WIB Dibaca: 310 Pengunjung

Varian mie samyang.*

SERANG, [NEWSmedia] - Masyarakat Indonesia digegerkan dengan ditemukannya kandungan babi pada Mi instan asal Korea Selatan dengan merk Samyang, Nongsim dan Ottogi. 

Pantauan NEWSmedia ke sejumlah minimarket dan supermarket, masih ditemukan sejumlah mi samyang yang masih dijual. Selain itu, belum ada label halal di semua kemasan produk impor asal Korea tersebut. Konsumen dipastikan tidak mengetahui kalau mie tersebut halal atau tidak halal karena tulisan menggunakan aksara Korea.

Keempat produk mie itu ialah Samyang (mi instan U-Dong), Samyang (mi instan rasa Kimchi), Nongshim (mi instan Shin Ramyun Black), dan Ottogi (mi instan Yeul Ramen). 

Kepala BPOM Penny Kusumastuti Lukito mengatakan ada ketentuan yang tidak ditepati oleh importir produk mi tersebut.

"Ternyata kami temukan, memang tidak sesuai ketentuan ketika mereka meminta registrasi. Jadi saat mereka registrasi, sesuai ketentuan yang ada. Untuk produk yang memang mengandung babi harus dijelaskan, harus diterjemahkan apabila produk impor tersebut mengandung bahan babi," kata Penny di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin (19/6/2017).

Dia menambahkan di kemasan produk tersebut mesti ditempelkan label mengandung babi dan ditambahkan gambar babi. Hal ini dilakukan agar konsumen dapat menangkap informasi secara lebih cepat.

Atas temuan ini, BPOM akan menarik izin edar kepada importir. Selain itu, dia meminta Kepala BPOM di 34 provinsi di Indonesia melakukan pengecekan di pasar.

"Itu yang kami lakukan di jalur distribusi. Tapi ternyata ditemukan pelanggaran. Maka sanksinya pencabutan izin edar. Dan selanjutnya menarik semua. Dan kita lihat ke depan sanksi lebih tegas apa yang bisa kita lakukan," ungkapnya.

"Namun untuk lebih memastikan masyarakat terlindungi segera, itulah kita minta kepala balai untuk turun ke lapangan dan menariknya," tutur Penny.

Dia mengatakan masih banyak langkah yang harus diperbaiki untuk melindungi konsumen dari produk pangan impor. Menurutnya, pemberian kepercayaan kepada importir pada proses registrasi tidak bisa diberikan lagi.

"Banyak langkah yang harus diperbaiki. Ternyata kepercayaan tidak hanya bisa begitu saja diberikan. Tapi akan ada perbaikan lebih ketat di registrasi dan di aspek penindakan yang dapat memberikan efek jera," ujarnya. 

Berikut jenis-jenis mie instan yang mengandung babi:

1. Samyang varian Mie Instan U-Dong dengan nomor izin BPOM RI ML 231509497014 yang diimpor PT Koin Bumi.
2. Nongshim (Mie Instan Shim Ramyun Black, BPOM RI ML 231509052014, PT Koin Bumi. 
3. Samyang (Mi Instan Rasa Kimchi, BPOM RI ML 231509448014, PT Koin Bumi 
4. Ottogi (Mie Instan Yeul Ramen, BPOM RI ML 231509284014, PT Koin Bumi.

Dalam peraturan Kepala BPOM Nomor 12 Tahun 2016 dinyatakan pangan olahan yang mengandung bahan tertentu yang berasal dari babi harus mencantumkan tanda khusus berupa tulisan "MENGANDUNG BABI" dan gambar babi berwarna merah dalam kotak berwarna merah di atas dasar warna putih. [Red]

Penulis: Red
Editor: Indra Gunawan
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Heboh Mi Instan asal Korea Mengandung Babi

BERITA TERKAIT

Dinsos
Top