Kamis, 03 Desember 2020 |
News Room

Heboh Manuver Tim Jupiter TNI AU Bertuliskan Lafadz Allah

Rabu, 03 Mei 2017 | 14:26 WIB Dibaca: 2051 Pengunjung

Manuver Tim Jupiter TNI AU pada acara Jogja International Air Show (JIAS) 2017 yang digelar di Pantai Depok, Bantul, pada Minggu (30/4/2017).

JAKARTA, [NEWSmedia] - Sebuah ketidaksengajaan mungkin bisa membuat orang tercengang, salah satunya adalah aksi akrobatik Tim Jupiter TNI AU. Media sosial dihebohkan oleh gambar atraksi pesawat TNI AU. Sebab di gambar itu, 6 pesawat bermanuver dan membentuk formasi membentuk lafadz Allah.

Kadispen TNI AU Marsma Jemi Trisonjaya menyatakan gambar itu diambil dalam acara Jogja International Air Show (JIAS) 2017 yang digelar di Pantai Depok, Bantul, pada Minggu (30/4) kemarin. Acara tersebut dalam rangka bulan Dirgantara peringatan TNI AU.

"Air show dalam rangka bulan Dirgantara di Yogya," ujar Jemi, Rabu (3/5/2017).

Penampilan atraksi-atraksi TNI AU memang kerap membuat penonton terpukau. Di foto yang viral tersebut, itu adalah penampilan dari tim Jupiter Aerobatic yang home base nya memang ada di Yogyakarta yakni di Lanud Adisucipto.

Tim Jupiter menjadi kebanggaan TNI AU. Dengan pesawat jenis KT-1 Wong Bee, tim Jupiter sering tampil dalam berbagai acara. Atraksinya memang begitu atraktif dan mendebarkan.

Berbagai manuver diperagakan Tim Aerobatik kebanggaan negeri ini. Seperti manuver membentuk hati, manuver menyilang, manuver olak-alik dan meluncur tegak lurus ke atas dengan mengeluarkan asap di ekornya. Atraksi yang menegangkan menjadi daya tarik tersendiri.

Di foto yang viral ini, terlihat 6 pesawat membentuk formasi. Dua di paling ujung bahkan dalam posisi miring. Dari asap yang dikeluarkan 6 pesawat itu, ternyata membentuk lafal Allah. Sangat memukau.

TNI AU mengatakan formasi itu tidak disengaja. Formasinya memang sudah dilatihkan, tapi untuk bentuk lafal Allah, Jemi mengatakan bukan bentuk kesengajaan.

"Tidak sengaja, itu mungkin kebesaran Allah, sehingga bisa membentuk tulisan Allah," jelasnya.

Tim Jupiter memang memiliki banyak manuver dalam setiap penampilannya. Namun yang paling terkenal adalah manuver nya yang membentuk hati atau love di udara.

"Kalau yang love memang formasi yang dibuat dan dilatihkan," terang Jemi.

Berbagai manuver Tim Jupiter lainnya seperti menyilang, manuver olak-alik dan meluncur tegak lurus ke atas. Biasanya 6 pesawat jenis KT-1 Wong Bee tersebut mengeluarkan asap di ekornya. Atraksi Tim Jupiter yang menegangkan menjadi daya tarik tersendiri. [Dtc]

Penulis: Dtc
Editor: Indra Gunawan
Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Heboh Manuver Tim Jupiter TNI AU Bertuliskan Lafadz Allah

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top