Rabu, 14 November 2018 |
Kesehatan - News Gallery

Hati-Hati, Manicure dan Pedicure Bisa Tularkan HIV

Kamis, 18 Okt 2018 | 00:03 WIB Dibaca: 231 Pengunjung

Foto ilustrasi

[NEWSmedia] - Banyak orang mungkin sudah tahu bahwa virus HIV bisa ditularkan lewat berbagai cara, di antaranya jarum suntik, hubungan seks tidak aman, dan jarum tato yang tidak steril. Namun, yang tidak diketahui dan sadari bahwa melakukan perawatan pedicure dan manicure ternyata juga rentan tertular HIV.

Menurut dokter penyakit dalam dari Rumah Sakit Royal Taruma, dr Edwin L. Jim, SpPD-KPTI, penggunaan gunting rambut, gunting kuku atau peralatan manicure dan pedicure memang berpotensi menyebarkan virus HIV. "Itu menjadi masalah karena alatnya kadang kala agak tajam, itu bisa menimbulkan luka," kata Edwin saat seminar di Hospital Expo 2018, Jakarta Convention Center, Jakarta, Rabu, 17 Oktober 2018.

Ia menjelaskan, saat terjadi luka dan terkontaminasi oleh orang yang memiliki virus HIV positif hal tersebut bisa menularkan penyakit ke orang lain. Ia menyebut jika orang yang tidak luka terbuka dan terkena alat yang terkontaminasi HIV, maka penyakit itu tidak bisa menular.

Lalu bagaimana menghindarinya?

"Mengatasinya bagaimana, minta pakai alat yang baru. Minta alat itu disterilkan dengan alkohol sebetulnya juga bisa saja, tapi lebih aman pakai alat yang baru," kata dia.

Seperti diketahui, HIV tidak akan menular melalui makan dan minum, tinggal satu rumah, bersalaman, berpelukan. Bahkan berciuman pun tidak menularkan HIV asalkan tidak ada luka terbuka. [viva]

Editor: Newsmedia
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

LAINNYA

Cara Menghilangkan Kudis Dengan Bahan-Bahan Alami
Selasa, 13 Nov 2018 | 07:01 WIB
Cara Menghilangkan Kudis Dengan Bahan-Bahan Alami
8 Hobi yang Baik Bagi Kesehatan
Selasa, 13 Nov 2018 | 01:02 WIB
8 Hobi yang Baik Bagi Kesehatan

KOMENTAR

Hati-Hati, Manicure dan Pedicure Bisa Tularkan HIV

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top