Selasa, 13 April 2021 |
Kesehatan - News Gallery

Hati-Hati Anak Salahgunakan 'Hand Sanitizer'

Selasa, 07 Mar 2017 | 00:01 WIB Dibaca: 1020 Pengunjung

Foto Ilustrasi

[NEWSmedia] - Hand sanitizer atau cairan pencuci tangan adalah bahan yang umum digunakan sebagai pembersih karena mengandung antiseptik. Pada anak-anak, pemakaiannya harus diawasi karena diketahui rentan menimbulkan kasus keracunan seperti disebut studi.

Di Amerika Serikat saja sepanjang tahun 2001-2014 ada sekitar 70 ribu panggilan darurat berkaitan dengan anak keracunan cairan pencuci tangan. Sekitar 65 ribu di antaranya diketahui keracunan oleh cairan pencuci tangan berbahan dasar alkohol.

Gejala yang dilaporkan di antaranya iritasi mata, muntah-muntah, sakit perut, batuk, kejang, bahkan hingga koma.

Menurut peneliti dari Lembaga Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) lebih dari 90 persen kejadian keracunan tersebut terjadi pada anak di atas 5 tahun. Peneliti berkesimpulan ada kemungkinan anak-anak sengaja mengonsumsi cairan pembersih tangan untuk mendapatkan efek mabuk alkohol.

"Para anak yang sudah tua ini kemungkinan sengaja menyalahgunakan cairan pembersih tangan... Peningkatan pengawasan orang tua diperlukan untuk pemakaian cairan pembersih tangan," tulis peneliti seperti dikutip dari Live Science, Senin (6/3/2017).

Beberapa produk cairan pembersih tangan memang diketahui bisa mengandung 60-95 persen alkohol. Oleh karena itu orang tua diharapkan berhati-hati menempatkan cairan di tempat yang sulit dijangkau anak. [dth]

Editor: Newsmedia
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Hati-Hati Anak Salahgunakan 'Hand Sanitizer'
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top