Senin, 26 Agustus 2019 |
News Gallery - Tekno

Hati-hati, Aki Soak Bisa Bikin Bencana

Selasa, 30 Jul 2019 | 14:54 WIB Dibaca: 160 Pengunjung

Foto ilustrasi.*

[NEWSmedia] - Sistem kelistrikan memegang peranan penting pada kendaraan bermotor. Tanpa adanya arus listrik, maka mesin tidak bisa hidup dan penumpang bakal tidak nyaman akibat penyejuk kabin tidak berfungsi.

Sumber listrik utama pada kendaraan, yaitu aki. Benda berbentuk kotak tersebut berisi sel-sel, yang fungsinya menyimpan arus listrik. Daya setrum yang dipakai, akan dikembalikan oleh alternator.

Saat ini, produsen sudah berusaha semaksimal mungkin untuk memaksimalkan usia pakai aki. Meski demikian, bukan berarti pemilik kendaraan tidak perlu memeriksanya secara berkala.

Aki yang kurang setrum, bisa diketahui melalui beberapa cara. Seperti yang diungkapkan National Business Manager MPM Parts, Andy Chandra.

“Coba tekan klakson, nyalakan lampu. Kalau lemah, berarti tegangan kurang dari 12,4 Volt. Perlu dicas,” ujarnya.

Pemilik kendaraan, kata Andy, sesekali wajib melakukan pemeriksaaan kondisi aki. Sebab, aki yang soak bisa menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan.

“Sekarang kan zaman mobil pakai mesin injeksi. Pada beberapa tipe, kalau aki tiba-tiba rusak, maka mesin bisa mati saat mobil sedang dikendarai,” tuturnya.

Untuk mencegah hal itu terjadi, Andy menyarankan agar pemilik kendaraan tidak sembarangan memilih aki. Cari yang sesuai dengan tipe, dan membelinya di tempat resmi. [viva]

Editor: Newsmedia
Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Hati-hati, Aki Soak Bisa Bikin Bencana

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top