Sabtu, 17 November 2018 |
Kesehatan - News Gallery

Hati-Hati, 5 Kebiasaan Ini Ternyata Bisa Merusak Ginjal

Kamis, 08 Nov 2018 | 00:02 WIB Dibaca: 188 Pengunjung

Foto ilustrasi

[NEWSmedia] - Ginjal memainkan peran yang penting dalam menjaga tubuh agar tetap sehat. Ginjal juga membantu memproduksi sel darah, mengatur tekanan darah, mendetoksifikasi organ internal Anda dan menghilangkan kelebihan air serta mengendalikan kadar mineral penting yang terkandung dalam darah Anda.

Itulah mengapa penting bagi Anda untuk mengurangi risiko terkena penyakit ginjal. Karena apabila ginjal Anda memiliki masalah, hal ini akan berdampak besar bagi kesehatan tubuh Anda. Berikut kebiasaan-kebiasaan yang tanpa disadari dapat merusak ginjal Anda.

1. Menahan buang air kecil

Mungkin sebagian besar dari Anda sudah mengetahui bahwa hal ini dapat menyebabkan masalah pada ginjal. Jika Anda sering menahan keinginan untuk buang air kecil, urin tetap berada di kandung kemih untuk jangka waktu yang lebih lama, dan bakteri akan berkembang biak dengan lebih cepat. Akhirnya hal ini dapat menyebabkan konsekuensi serius seperti infeksi ginjal dan inkontinensia urin.

2. Kurang minum air mineral

Meminum cukup air dapat membantu ginjal Anda menghasilkan air seni untuk menghilangkan natrium dan racun dari dalam tubuh Anda. Jika Anda tidak meminum cukup air secara teratur, hal ini dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius, termasuk batu ginjal yang menyakitkan. Hal ini hanya berlaku untuk air mineral saja. Apabila Anda terlalu banyak meminum air selain air mineral, itu tidak akan membantu kesehatan ginjal.

3. Memakan terlalu banyak daging

Mengonsumsi protein hewani secara berlebihan dapat menciptakan banyak asam dalam darah Anda yang dapat menyebabkan asidosis. Hal ini adalah kondisi ketika ginjal Anda tidak dapat menjaga pH tubuh dengan seimbang. Seiring waktu, gangguan ini dapat menyebabkan masalah pencernaan yang parah dan masalah ginjal kronis.

4. Mengonsumsi terlalu banyak garam dan gula

95% dari natrium yang dikonsumsi dengan makanan dimetabolisme oleh ginjal Anda. Jadi apabila Anda terlalu banyak memakan produk asin, organ tubuh harus bekerja lebih keras untuk menyingkirkan kelebihan natrium.

Akibatnya, hal ini dapat menyebabkan berkurangnya fungsi ginjal dan menyebabkan retensi air dalam tubuh meningkatkan tekanan darah Anda. Mengonsumsi gula yang berlebih juga dapat berkontribusi pada pengembangan tekanan darah tinggi serta menyebabkan obesitas juga meningkatkan risiko diabetes.

5. Terlalu banyak olahraga

Bekerja terlalu keras atau olahraga secara berlebihan dapat menyebabkan rhabdomyolysis. Ini adalah suatu kondisi ketika otot-otot terluka dan isi dari serat mati mengalir langsung ke aliran darah Anda. Kondisi ini dapat menyebabkan kompilasi kesehatan yang serius termasuk gagal ginjal. [okz]

Editor: Newsmedia
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

LAINNYA

Cegah Anak Pilek di Musim Hujan Dengan Hal Ini
Jumat, 16 Nov 2018 | 06:31 WIB
Cegah Anak Pilek di Musim Hujan Dengan Hal Ini

KOMENTAR

Hati-Hati, 5 Kebiasaan Ini Ternyata Bisa Merusak Ginjal

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top