Jumat, 05 Juni 2020 |
Kesehatan - News Gallery

Hati-Hati, 4 Penyakit Ini Cepat Menyebar ke Tubuh dan Mematikan

Jumat, 25 Mei 2018 | 00:05 WIB Dibaca: 547 Pengunjung

Foto ilustrasi

[NEWSmedia] - Berbagai penyakit menghantui manusia. Bahkan di dunia ada penyakit yang sangat mematikan. Penyakit-penyakit ini bisa disebabkan kerena virus dan bakteri yang menyerang kekebalan tubuh ataupun karena pola hidup yang tidak dijaga.

Penyakit apa saja yang menyebar dengan cepat ke tubuh dan mengakibatkan kematian? Dari berbagai sumber yang di rangkum daftar penyakit yang dengan cepat menyebar ke tubuh manusia dan mematikan. Berikut ulasannya.

1. Radang selaput otak (meningitis)

Meningitis atau radang selaput otak disebabkan karena bakteri (meningitis bakterial) adalah meningokokus atau pneumokokus. Meningitis bakterial menunjukkan gejala dan tanda yang lebih serius, bahkan bisa menyebabkan kematian, seperti yang terjadi pada komedian Olga Syahputra.

Bakteri tidak dapat hidup di luar tubuh manusia. Dalam tubuh manusia, bakteri ini tumbuh subur di saluran hidung dan tenggorokan atau di saluran pernapasan bagian atas.

Tetapi, bila mengganas dan menyebar ke dalam darah terutama saat daya tahan tubuh melemah bisa menimbulkan penyakit berbahaya, salah satunya adalah meningitis. Penyakit ini juga menular melalui batuk, bersin atau berciuman.

2. Tetanus

Tetanus disebabkan oleh racun yang dihasilkan oleh bakteri Clostridium tetani. Penyakit ini tidak dapat menyebar dari satu orang kepada orang lain, tetapi terdapat dalam tanah, di dalam usus dan kotoran hewan peliharaan, pertanian serta kotoran manusia.

Tetanus merupakan penyakit berbahaya karena infeksi bakteri yang menghasilkan racun neurotoxin. Bakteri tersebut dapat menyerang sistem saraf sehingga membuat kontraksi otot yang menyakitkan, terutama otot rahang dan leher serta dapat mempengaruhi otot-otot pernapasan sehingga dapat menyebabkan kematian.

Penyakit ini dapat dicegah melalui vaksinasi, pemberian antitoksin dan antibiotik serta obat-obat tertentu dari dokter.

3. Kanker

Kanker menjadi salah satu penyakit mematikan. Banyak faktor yang menimbulkan kanker, contohnya radiasi ionisasi (yang digunakan pada Sinar-X dan yang dihasilkan dari energi nuklir dan ledakan bom atom). Hal itu bisa menyebabkan berbagai macam kanker, terutama sekali sarcoma, leukemia, kanker tiroid, dan kanker payudara. Kanker bisa berkembang secara langsung ke dalam jaringan di sekitarnya atau menyebar ke jaringan-jaringan atau organ-organ yang dekat atau jauh.

Kanker bisa menyebar melalui sistem lymphatic. Jenis penyebaran ini adalah ciri khas pada carcinoma. Misalnya, kanker payudara biasanya menyebar pertama kali di sekitar kelenjar getah bening, kemudian menyebar lebih luas melalui tubuh. Kanker bisa juga menyebar melalui aliran darah.

4. Kanker ginjal

Kanker ginjal umumnya dua kali lebih sering terjadi pada wanita dibanding pria. Kanker ginjal merupakan salah satu jenis kanker yang paling cepat tumbuh dan menyebar dalam tubuh manusia.

Para ahli dan spesialis kanker (onkologi) percaya bahwa kanker ginjal lebih cepat menyebar daripada beberapa jenis kanker lainnya. Hal ini menyebabkan sulit untuk mendiagnosis jenis kanker ginjal pada stadium awal.

Kanker ginjal menyebar ke bagian lain dari tubuh, seperti hati dan paru-paru. Kanker yang muncul dari ginjal menyebar melalui aliran darah dan kelenjar getah bening. Nah, aliran darah dan kelenjar getah bening dialirkan ke seluruh tubuh, maka itu sel kanker mudah terbawa ke bagian tubuh lainnya dan berkembang dengan ganas. [mdk]

Editor: Newsmedia
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Hati-Hati, 4 Penyakit Ini Cepat Menyebar ke Tubuh dan Mematikan
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top