Kamis, 09 Juli 2020 |
News Room

Hari Lahir Pancasila, Kapolri Ajak Masyarakat Jaga Persatuan Lewat Disiplin Hidup Sehat

Senin, 01 Jun 2020 | 21:16 WIB Dibaca: 237 Pengunjung

Foto ilustrasi.*

[NEWSmedia] - Kapolri Jenderal Idham Azis merayakan momentum Hari Lahir Pancasila yang diperingati setiap 1 Juni dengan refleksi pentingnya disiplin hidup sehat di tengah pandemi virus Corona atau Covid-19.

"Hanya dengan disiplin kita bisa segera keluar dari pandemi Corona ini," tutur Idham dalam keterangannya, Senin (1/6/2020).

Idham mengajak masyarakat untuk dapat meningkatkan persatuan dan kesatuan lewat kedisplinan hidup sehat. Sebab, perlu komitmen yang tinggi agar Indonesia dapat berhasil melawan bencana non alam tersebut.

"Dalam menyongsong era New Normal mari jaga kesehatan dengan berolah raga, cuci tangan, pakai masker dan jaga jarak sesuai dengan protokol kesehatan," jelas Kapolri Idham.

Tidak hanya untuk masyarakat, lanjutnya, kedisiplinan tersebut barus juga datang dari aparat kepolisian. Baik warga dan aparat penegak hukum bekerja sama dalam menghadapi kehidupan normal yang baru.

"Perlu kerja sama yang baik antara aparat dengan masyarakat. Dan kesadaran penuh dari masyarakat tentang bahaya Covid," tandas Kapolri.

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian mengajak masyarakat dapat mengibarkan Bendera Merah Putih selama sehari untuk memperingati Hari Lahir (Harlah) Pancasila pada 1 Juni 2020.

"Gubernur Kepala Daerah se-Indonesia, Bupati/Wali Kota se-Indonesia, beserta perangkat daerah dan masyarakat untuk mengibarkan bendera merah putih selama 1 hari pada tanggal 1 Juni 2020," ujar Tito dalam telegram yang diterima di Jakarta, Sabtu (30/5/2020).

Selain menginstruksikan pengibaran bendera merah putih, Mendagri juga mewajibkan kepada Gubernur Kepala Daerah se-Indonesia dan Bupati/Wali Kota se-Indonesia mengikuti upacara peringatan Harlah Pancasila pada 1 Juni 2020 itu dari ruang kerja/tempat tinggalnya masing-masing.

Dia menginformasikan bahwa upacara Harlah Pancasila itu dapat diikuti dengan menyaksikan siaran langsung TVRI atau tayangan langsung dalam jaringan (daring) di akun Youtube BPIP RI, laman Facebook BPIP RI, dan laman Instagram BPIP RI mulai pukul 07.45 WIB.

"Gubernur Kepala Daerah se-Indonesia, Bupati/Wali Kota se-Indonesia wajib mengikuti peringatan Harlah Pancasila tanggal 1 Juni 2020 dimulai Pukul 07.45 melalui siaran langsung di TVRI, kanal Youtube BPIP RI, laman Facebook BPIP RI, dan Instagram BPIP RI dari kantor, ruang kerja, rumah atau tempat tinggal masing-masing," ujar Tito seperti dikutip Antara.

Khusus dalam telegram nomor 003.1/2578/Polpum yang ditujukan pada Gubernur Kepala Daerah, Mendagri menegaskan pakaian dinas yang digunakan dalam upacara itu.

"Untuk pria menggunakan pakaian sipil lengkap, untuk wanita pakaian nasional dan atau menyesuaikan. Serta untuk TNI-Polri menggunakan Pakaian Dinas Upacara III," tutur Mendagri. [lpt]

Editor: Newsmedia
Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Hari Lahir Pancasila, Kapolri Ajak Masyarakat Jaga Persatuan Lewat Disiplin Hidup Sehat
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top