Minggu, 24 Januari 2021 |
News Room

Hari Juang Kartika, Danrem 064/MY Ingatkan Netralitas TNI

Jumat, 15 Des 2017 | 14:50 WIB Dibaca: 1070 Pengunjung

Komandan Resor Militer (Danrem) 064/ Maulana Yusuf (MY), Kolonel Czi Ito Hediarto setelah memperingati Hari Juang Kartika 2017 di Alun-alun Barat Kota Serang, Jumat (15/12/2017).*

SERANG, [NEWSmedia] - Komandan Resor Militer (Danrem) 064/ Maulana Yusuf (MY), Kolonel Czi Ito Hediarto mengingatkan, Tentara Nasional Indonesia (TNI) harus netral dalam dunia politik praktis.

Menurutnya, tahun 2018/2019, merupakan tahun politik, sebab pada tahun tersebut perhelatan politik, baik Pileg atau Pilpres akan mulai. Dengan demikian, dirinya meminta kepada seluruh prajurit TNI agar menjaga netralitas.

"Tahun 2018/2019 adalah tahun politik, TNI harus netral, tidak boleh terlibat dalam dunia politik atau melibatkan diri dalam dunia politik, kami akan tindak apabila ada anggota TNI yang menciderai amanat reformasi ini," kata Ito saat memperingati Hari Juang Kartika 2017 di Alun-alun Barat Kota Serang, Jumat (15/12/2017).

Dengan demikian, pihaknya menegaskan akan tetap menjaga netralitas dan profesionalitas TNI untuk mengawal semangat reyang menjadi cita-cita semua masyarakat Indonesia.

"Dari hasil survei terhadap lembaga negara, kepercayaan tertinggi diberikan kepada TNI, jadi jelas, TNI tetap netral dan solid menjaga profesionalisme," ungkapnya.

Ia juga mengungkapkan, khusus di Banten, pihaknya telah menyiapkan 600 personel untuk menjaga keamanan pada pelaksanaan Pemilu 2019, sebab menurutnya, setiap Pemilu, pasti ada beberapa titik yang dapat menjadi konflik, baik dari ideologi, ekonomi dan politik.

"Kami sudah koordinasi dengan Kapolda Banten, kita menyiapkan lebih dari 600 personel yang siap digerakkan kapan pun juga," tegasnya.

Sementara itu, Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Banten, Brigjend Pol Listiyo Sigit Prabowo berharap pada HUT ke-72 TNI AD tersebut, TNI dapat bertugas dan mempertahankan kedaulatan negara.

"Mudah-mudahan semakin dipercaya masyarakat, TNI dan Polri juha semakin solid, karena dengan itu rakyat akan kuat dan negara juga akan kuat," pungkasnya. [ahi]

Penulis: Ahmad Hifni
Editor: Indra Gunawan
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Hari Juang Kartika, Danrem 064/MY Ingatkan Netralitas TNI
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top