Selasa, 21 Agustus 2018 |
News Room - Ekonomi

Harga Telur Naik, Mentan Tuding Pengusaha Ambil Untung Besar

Jumat, 20 Jul 2018 | 07:02 WIB Dibaca: 112 Pengunjung

Foto ilustrasi

JAKARTA, [NEWSmedia] - Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman meminta pengusaha dan distributor yang terlibat dalam rantai pasok telur untuk tidak mengambil keuntungan yang berlebihan. Hal ini disebut sebagai salah satu faktor yang menyebabkan tingginya harga komoditas pangan hewani tersebut.

Amran menyatakan, perbedaan (disparitas) harga telur dari tingkat peternak ke pedagang pasar sangat jauh, hingga mencapai 60 persen. Hal ini diduga lantaran rantai pasok yang panjang dan pengambilan keuntungan yang berlebihan.

"Disparitas harga telur ayam 60 persen. Pengusaha jangan ambil untung banyak-banyak," ujar dia di dia di Toko Tani Indonesia Center (TTIC), Jakarta, Kamis (19/7/2018).

Menurut Amran, disparitas seperti ini sebenarnya bukan hanya terjadi pada telur ayam, tetapi juga komoditas lain. Oleh sebab itu, pemerintah terus berupaya memperpendek rantai pasok agar disparitas harga dari produsen ke pedagang bisa ditekan.

"Disparitas 40 persen-60 persen ini ada di pengusaha, yang tengah. Ini harus kita tata. Bukan telur aja. Bawang merah di lapangan (petani) Rp 12 ribu, tapi di konsumen Rp 36 ribu. Jadi naik 200 persen-300 persen, ini harus kita tata?," jelas dia.

Namun demikian, menata rantai pasok telur ini bukan hanya menjadi tugas pemerintah, tetapi semua pihak yang terlibat di dalamnya. Oleh sebab itu, Amran meminta agar para pihak di rantai pasok telur tidak mengambil terlalu besar.

"Ini bukan tugas Kementan saja, tapi pedagang, produsen. Jadi kita gandengan tangan. Rezeki itu sudah ada yang mengatur. Bagi-bagi lah dengan yang lain, konsumen, peternak, kan ingin tersenyum juga," tandas dia. [lpt]

Editor: Newsmedia
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

LAINNYA

Mantan Ajudan JK Dilantik Jadi Kapolda Banten
Senin, 20 Agt 2018 | 12:53 WIB
Mantan Ajudan JK Dilantik Jadi Kapolda Banten
Kapan Penerimaan CPNS 2018 Dibuka? Ini Jawabannya
Senin, 20 Agt 2018 | 10:46 WIB
Kapan Penerimaan CPNS 2018 Dibuka? Ini Jawabannya

KOMENTAR

Harga Telur Naik, Mentan Tuding Pengusaha Ambil Untung Besar

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top