Jumat, 16 November 2018 |
News Room - Ekonomi

Harga Daging Ayam Melonjak Jelang Akhir Pekan

Sabtu, 14 Jul 2018 | 07:01 WIB Dibaca: 139 Pengunjung

Daging ayam di pasar tradisional merangkak naik.*

JAKARTA, [NEWSmedia] - Lebaran sudah berlalu hampir satu bulan. Meski demikian, harga daging masih bergejolak, ada yang sudah stabil, dan masih ada yang melambung.

Di Pasar Palmerah, harga daging ayam masih bertengger di kisaran Rp 60 ribu per kilogram (kg). Harga tersebut naik ketimbang Mei lalu. Saat itu harga daging ayam masih di kisaran antara Rp 54 ribu. Harga pun terbilang sama seperti saat Lebaran.

Salah satu pedagang ayam potong Sofia (55) menuturkan, harga saat Lebaran justru lebih baik. Tercatat, saat ini harga paha ayam Rp 40 ribu per kg, kemudian dada sampai Rp 60 ribu per kg.

Untuk kulit dan usus, masing-masing dibanderol seharga Rp 24 ribu dan Rp 25 ribu per kg. Sementara, harga ayam per ekor Rp 55 ribu per kg dan ayam hidup Rp 32 ribu. Saat ditanya perbandingan harga sekarang dan Lebaran, Sofia menyebut keadaan harga pada saat ini justru kembali naik.

"Lebaran mendingan. Parahan sekarang. Cuma naik Rp 2 ribuan. Sekarang ayam hidup kisaran Rp 32 ribu. Sesudah Lebaran turun, sekarang naik, jadi mahal lagi," ucap dia di Pasar Palmerah, Jakarta, Jumat (13/7/2018).

Lantaran masalah harga dan pasokan, terkadang banyak pedagang yang tutup dagangannya. Menghadapi hal ini, pembeli pun menyiasati dengan membeli setengah kilogram saja menjadi Rp 30 ribu per kg.

Sementara, sesuai dengan prediksi Menteri Perdagangan (Mendag) harga daging sapi sudah kembali normal. Tercatat, di Pasar Palmerah harga daging sapi sudah menjadi Rp 120 ribu per kilogram.

"Sudah stabil. Jadi Rp 120 ribu ker kilogram, sebelumnya Rp 130 ribuan," ujar seorang pedagang yang menolak menyebutkan namanya. [lpt]

Editor: Newsmedia
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Harga Daging Ayam Melonjak Jelang Akhir Pekan

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top