Jumat, 26 Februari 2021 |
News Room - Ekonomi

Harga Cabai Turun Pada Awal Pekan

Selasa, 20 Mar 2018 | 07:01 WIB Dibaca: 561 Pengunjung

Seorang pedagang memilah cabai di sebuah pasar di tradisional.*

JAKARTA, [NEWSmedia] - Harga cabai di pasar tradisional kini terpantau turun usai melambung pada pekan lalu. Salah satunya harga cabai rawit merah.

Uus (50), pedagang di Pasar Kebayoran lama menyatakan,harga cabai seperti cabai rawit merah dan cabai merah keriting turun sejak Minggu 18 Maret 2018.

"Cabai rawit merah sekarang modalnya Rp 45 ribu, dijual Rp 50 ribu. Kalau sebelumnya modal Rp 54 ribu dijual Rp 70 ribu," ujar dia di Pasar Kebayoran Lama, Jakarta, Senin (19/3/2018).

"Cabai keriting merah juga, sekarang modalnya Rp 48 ribu, dijual Rp 50 ribu. Kemarin modal Rp 55 ribu, dijual Rp 60 ribu," tambah dia.

Sedangkan harga cabai rawit hijau stabil. Ia menyatakan, modal yang dikeluarkan untuk cabai itu Rp 40 ribu, dan ditawarkan ke pembeli dengan harga Rl 45 ribu.

Harga tomat dan kentang juga kompak merosot. Harga jual tomat turun dari Rp 14 ribu menjadi Rp 10 ribu, dan kentang turun dari Rp 16 ribu jadi Rp 15 ribu.

Kenaikan justru terus terjadi untuk bawang putih cutting. Jika sebelumnya modal yang diperlukan Uus Rp 40 ribu dengan harga jual Rp 45 ribu, sekarang ia harus punya modal Rp 50 ribu dan dijual Rp 55 ribu.

Harga bawang merah juga ikut naik. Uus harus keluarkan modal menjadi Rp 34 ribu dan harga jual Rp 38 ribu. Sebelumnya, modal bawang merah adalah Rp 28 ribu, dan dijual 32 ribu.

Naik-turunnya harga cabai dan sayuran sudah lama dirasakan pedagang seperti Uus. Namun begitu, ia tak mau harga jual dibuatnya terlalu tinggi dari harga modal. "Kalau dijual tinggi dari modal, enggak laku," ujar dia.

Sementara itu, pedagang lainnya bernama Cantiri (45) menyebytkan, harga yang diberikan distributor memang sudah tinggi.

"Mereka bilang, musim hujan pada rontok hasil panennya, jadi enggak banyak. Banyak hama cacing dan wereng yang gerogotin sayuran," ujar Cantiri. [lpt]

Editor: Newsmedia
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Harga Cabai Turun Pada Awal Pekan

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top