Kamis, 09 Juli 2020 |
News Room - Ekonomi

Harga Cabai Mulai Melandai dan Dekati Normal

Sabtu, 18 Mar 2017 | 07:01 WIB Dibaca: 795 Pengunjung

Sri (50), penjual sayuran di Pasar Kedip, Jakarta Selatan.*

[NEWSmedia] - Hujan yang mulai mereda dalam beberapa pekan terakhir berdampak positif kepada harga bahan pangan terutama untuk cabai dan bawang. Di pasar tradisional, harga kedua komoditas tersebut mulai melandai dan mendekati ke harga normal.

Di Pasar Kedip, Jakarta Selatan, Jumat (17/3/2017), harga cabai rawit merah mengalami penurunan Rp 30 ribu menjadi Rp 120 ribu per kilogram (kg) dari semula di harga Rp 150 ribu per kg. Sedangkan untuk cabai merah keriting mengalami penurunan Rp 15 ribu dari semula Rp 50 ribu per kg menjadi Rp 35 ribu per kg.

Harga cabai rawit hijau pun juga mengalami penurunan dari semula Rp 80 ribu per kg menjadi Rp 60 ribu per kg.  Untuk cabai hijau keriting mengalami penurunan yang paling kecil yaitu hanya Rp 5.000 per kg dari Rp 30 ribu per kg menjadi Rp 25 ribu per kg.

"Harga cabai mulai menurun dan stabil. Harga segitu sudah memang harga pasarannya dari sananya. Lebih baik turun supaya tidak bikin resah pembeli. Kasihan yang uangnya pas-pasan maunya Rp 50 ribu udah bisa dapat sayuran, tempe, tahu dan lain tapi ternyata buat beli cabai aja cuma sedikit dapatnya," jelas salah satu penjual sayuran di Pasar Kedip, Sri (50) Jumat (17/3/2017).

Sedangkan untuk harga bawang juga mengalami penurunan dan cenderung stabil. Harga bawang merah stabil di Rp 45 ribu per kg, bawang putih dengan harga Rp 40 ribu per kg, serta harga bawang Bombay yang menurun dari Rp 20 ribu per kg kini menjadi Rp 15 ribu per kg.

Berbeda, harga daging sapi masih belum mengalami penurunan tetapi justru kebalikannya. Harga daging kini dijual di kisaran Rp 120 ribu per kg, naik Rp 10 ribu jika dibandingkan pekan sebelumnya.

“Harga daging sapi Australia meningkat sebab harga potongnya juga yang mahal dan rata-rata dari sananya juga sudah mahal harga daging, Apalagi nanti pas hari raya harga bisa melonjak” jelas salah satu pemilik lapak daging di Pasar Kedip Ariansyah (30). [lpt]

Editor: Newsmedia
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Harga Cabai Mulai Melandai dan Dekati Normal
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top