Selasa, 13 April 2021 |
News Room - Ekonomi

Harga Cabai Masih Terombang-Ambing

Sabtu, 11 Mar 2017 | 07:02 WIB Dibaca: 902 Pengunjung

Pedagang cabai rawit di pasar tradisional.*

[NEWSmedia] - Harga cabai rawit merah di Pasar Mampang, Jakarta Selatan, mulai berangsur turun. Saat ini harga komoditas tersebut berada di kisaran Rp 100 ribu-Rp 110 ribu per kg.

Namun menurut Murni (43), salah satu pedagang di pasar tersebut, turunnya harga cabai ini bukan suatu hal yang menggembirakan. Sebab, selama ini harga cabai masih berfluktuasi, sehingga biasa saja harga komoditas hortikultura ini kembali naik.

"Sekarang lagi turun harganya. Di sini sudah Rp 110 ribu. Kalau yang agak jelek Rp 100 ribu per kg. Tapi kan harga masih bisa turun naik," ujar dia saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, Jumat (10/3/2017).

Berbeda dengan jenis cabai lain, ‎harga cabai rawit hijau, cabai keriting merah, dan cabai besar (TW) justru mengalami kenaikan. Kenaikan ketiga jenis cabai ini berkisar‎ Rp 5.000-Rp 10 ribu per kg.

Untuk cabai rawit ‎hijau naik sebesar Rp 10 ribu per kg dari sebelumnya Rp 65 ribu menjadi Rp 75 ribu per kg. Sementara untuk cabai keriting merah dan cabai besar saat ini dibanderol pada harga Rp 43 ribu hingga Rp 45 ribu per kilogram.

"Tapi harga cabai yang lain naik, paling tinggi cabai rawit hijau, sekarang Rp 75 ribu. Kemarin sempat turun tapi sekaran‎g sudah naik lagi," kata dia.

Sementara untuk jenis sayuran masih cenderung stabil. Sebagai contoh, tomat masih berada di kisaran Rp 10 ribu per kilogram dan wortel sebesar Rp 13 ribu per kilogram. "Yang lain masih stabil, malah ada yang turun. Kentang yang tadinya Rp 16 ribu per kilogram, sekarang Rp 14 ribu," ucap dia.

Berikut daftar harga sayuran di pasar tradisional:

- Cabai rawit merah Rp 110 ribu per kg
- Cabai rawit hijau Rp 75 ribu per kg
- Cabai merah keriting Rp 43 ribu per kg
- Cabai besar (TW) Rp 45 ribu per kg
- Kentang Rp 14 ribu per kg
- Buncis Rp 15 ribu per kg
- Terong Rp 14 ribu per kg
- Tomat Rp 10 ribu per kg
- Timun Rp 10 ribu per kg
- Wortel Rp 13 ribu per kg.

Editor: Newsmedia
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Harga Cabai Masih Terombang-Ambing
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top