Rabu, 15 Agustus 2018 |
News Room - Ekonomi

Harga Bawang Masih Tinggi, Kemendag Diminta Gencarkan Operasi Pasar

Minggu, 25 Mar 2018 | 07:03 WIB Dibaca: 223 Pengunjung

Pekerja menurunkan bawang putih dari kontainer setibanya di Pasar tradisional.*

JAKARTA, [NEWSmedia] - Kementerian Perdagangan (Kemendag) diminta segera melakukan operasi pasar untuk merespons kenaikan harga bawang putih di pasaran. Pasalnya, kenaikan harga bawang putih di pasaran membuat banyak pihak mengeluhkannya.

Ketua DPR Bambang Soesatyo mengatakan, pemerintah memang telah membuka keran impor bawang putih. “Tapi belum bisa menurunkan harga bawang putih di pasaran,” ujarnya dia di Jakarta, Sabtu (24/3/2018).

Karena itu Bamsoet -panggilan akrab Bambang- menegaskan, pemerintah harus melakukan upaya ekstra agar harga bawang tak meroket.

“Agar Kemendag melakukan operasi pasar guna menurunkan harga bawang putih yang masih tinggi di pasaran,” tegasnya.

Selain itu, agar persoalan lonjakan harga bawang putih tak terus berulang maka pemerintah harus membenahi sektor hulunya. Menurut Bamsoet, sebaiknya Kementerian Pertanian juga membantu para petani bawang.

“Bantu petani dalam penyediaan bibit bawang putih yang unggul, agar kualitas panenannya baik dan terjaga,” cetusnya.

Politikus Partai Golkar itu mengusulkan ke Kementan untuk menggandeng kelompok tani bawang dalam rangka memperluas lahan pertanian.

Dia menambahkan, perlu ada upaya untuk mengajak para petani yang sudah mengalihkan fungsi lahan mereka untuk kembali menanam bawang putih.

“Sekaligus mengimbau para petani untuk fokus membudidayakan bawang putih sebagai satu-satunya tanaman guna meningkatkan produksi nasional,” pungkasnya. [lpt]

Editor: Newsmedia
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Harga Bawang Masih Tinggi, Kemendag Diminta Gencarkan Operasi Pasar

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top