Rabu, 15 Agustus 2018 |
Tekno

Hanya Dengan Jaringan Wifi Ilmuwan ini Ambil Gambar 3D

Rabu, 24 Mei 2017 | 13:00 WIB Dibaca: 722 Pengunjung

Foto ilustrasi.*

[NEWSmedia] - Wifi sekarang ini ada di mana-mana dan saat gelombang elektromagnetik dipancarkan keluar dari router, mereka melakukan perjalanan melalui ruang kosong, mengelilingi tikungan, bahkan melalui dinding. 

Sepasang peneliti Jerman telah mengembangkan sebuah metode untuk memanfaatkan sinyal wifi menangkap gambar hologram 3D dari benda-benda di sekitar jaringan bahkan melalui penghalang padat seperti pintu dan dinding. 

Kuncinya di sini adalah merekam bentuk yang dibuat oleh radiasi nyasar, gelombang elektromagnetik yang memantul benda saat mereka bergerak melalui udara. Peneliti di balik 3D-imaging, yang dimulai sebagai proyek tesis sarjana sebelum dipetakan ke dalam studi yang lebih besar, pada awalnya diterbitkan dalam Physical Review of Letters awal Mei.

Teknik yang dijelaskan dalam penelitian ini mampu memberikan gambar 10 kali per detik dan menciptakan kembali isi keseluruhan bangunan dalam simulasi berskala besar. Menggunakan wifi untuk pencitraan bukanlah konsep baru, namun penulis makalah di balik klaim terobosan baru ini merupakan pertama kalinya sinyal tersebut digunakan untuk menghasilkan reaksi hologram 3D di ruang besar.

Sistem ini tak cukup akurat untuk membedakan banyak detail untuk saat ini, namun jika Anda hanya ingin mengindentifikasi bentuk atau gambar individu di dalam ruang, itu akan berhasil. 

"Jika ada secangkir kopi di meja, Anda mungkin melihat ada sesuatu di sana, tapi Anda tak bisa melihat bentuknya," kata seorang fisika Technical University of Munich Philipp Holl kepada Business Insider yang dilansir dari Mashable, Selasa (23/5/2017). 

"Tapi Anda bisa melihat bentuk tubuh seseorang atau seekor anjing di sofa. Benar-benar benda berukuran lebih dari empat sentimeter," lanjutnya.

Metode ini menggunakan sinyal wifi untuk memindai sebuah ruangan, bertindak sebagai rig radar bertenaga rendah. Mengirimkan perangkat seperti telefon dan perangkat elektronik lainnya berfungsi sebagai bola lampu untuk sistem pencitraan, yang bergantung pada dua antena, satu pemindai yang bertugas memetakan pesawat 2D dan satu lagi yang merekam sinyal.

Setelah antena mengumpulkan data gambar, menurut Holl, pandangan tiga dimensi objek dan pemancar dimasukkan ke dalam algoritma rekonstruksi digital, yang menciptakan peta hologram objek di dalam ruang. Dengan lebih banyak pemindaian antena, sistem bisa lebih cepat, dan lebih akurat [okz]

Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Hanya Dengan Jaringan Wifi Ilmuwan ini Ambil Gambar 3D
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top