Rabu, 19 Mei 2021 |
News Room - Ekonomi

Hanya 9 Persen Pekerja Asing di Banten yang Terdaftar BPJS

Selasa, 02 Mei 2017 | 08:58 WIB Dibaca: 910 Pengunjung

Ilustrasi

SERANG [NEWSmedia] - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Kantor Wilayah Banten mencatat, 95 persen tenaga kerja asing (TKA) belum terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan. 

Hal itu disampaikan Kepala Pemasaran BPJS Ketenagakerjaan Kanwil Banten, Didin Haryono saat menghadiri May Day di Kawasan Industri Modern Cikande, Kabupaten Serang. Selasa, (2/5/2017) kemarin.

"Orang asing masih banyak yang belum didaftarkan jadi peserta BPJS ketenagakerjaan," kata Didin Haryono.

Menurutnya, perusahaan yang ada di wilayah Banten tidak mendaftarkan BPJS Ketenagakerjaan dengan berbagai alasan.

"Mereka tidak mendaftarkan alasannya sudah padahal belum. Termasuk mereka mensiasati tenaga kerjanya ada 200 yang dilaporkan 10. Ada juga upahnya, upahnya dia terima mungkin lima juta, dilaporannya UMK," terangnya.

Ia menyebutkan, dari total pekerja yang ada di wilayah Banten, BPJS ketenagakerjaan mencatat sekita 5 persen tenaga kerja asing (TKA) yang sudah mendaftar. Sedangkan, untuk pribumi sendiri sekitar 960.000.

"Untuk (TKA) di wilayah Banten masih kisaran lima persen, pribumi saat ini yang sudah terdaftar sekitar 960.000. Itu dari total pekerja yang ada di wilayah Banten itu, pekerja disini adalah 5,4 juta, formalnya sekitar 2,2 juta, informalnya sekitar 2,3 juta. Tapi masih banyak yang memang belum terdaftar ke BPJS ketenagakerjaan, " katanya.

Ia menegaskan, masalah masih banyaknya tenaga kerja asing yang belum terdaftar menjadi peserta BPJS ketenagakerjaan menjadi tanggung jawabnya.

"Dan itu memang mesti harus tugas kerjaan kita dari BPJS Ketenagakerjaan untuk mensosialisasikan dan mengedukasi masyarakat," tandasnya.[Ifal]

Penulis: Syahrifal
Editor: Indra Gunawan
Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Hanya 9 Persen Pekerja Asing di Banten yang Terdaftar BPJS
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top