Selasa, 27 Juni 2017 |
News Room- Peristiwa- Hukum

Hakim Kena OTT KPK Lagi, Ketua MK Minta Maaf ke Bangsa Indonesia

Kamis, 26 Jan 2017 | 15:12 WIB
Hakim MK Patrialis Akbar yang ditangkap KPK.*

JAKARTA, [NEWSmedia] - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan operasi tangkap tangan (OTT) hakim Mahkamah Konstitusi (MK) Patrialis Akbar. Penangkapan itu terkait dengan dugaan penyuapan soal uji materi undang-undang.

Informasi yang dihimpun, Patrialis diduga menerima sejumlah uang terkait dengan uji materi suatu undang-undang. Namun belum terang benar uji materi undang-undang apa yang 'diperdagangkan' Patrialis.

Ketua KPK Agus Rahardjo membenarkan tentang operasi tangkap tangan (OTT) itu. Agus menyebut ada beberapa pihak yang juga ditangkap selain Patrialis.

"Ada sejumlah pihak yang diamankan saat ini. Terkait dengan lembaga penegak hukum," ujar Agus, Kamis (26/1/2017).

Terkait dengan OTT itu, Ketua MK Arief Hidayat mendukung upaya OTT yang dilakukan KPK. Namun Arief menyebut OTT itu terkait dengan pribadi dan bukan institusi.

"Itu persoalan pribadi, bukan lembaga. Saya persilakan dan mendukung KPK melakukan penyelidikan menyeluruh terhadap kasus ini, termasuk di MK," ujar Arief sebelumnya.

Menanggapi institusi yang dipimpinnya telah dua kali kecolongan setelah sebelumnya Akil Muchtar ditangkap KPK, Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Arief Hidayat meminta maaf yang setinggi-tingginya kepada rakyat Indonesia.

"Ya Allah saya mohon ampun. Saya tidak bisa menjaga MK dengan sebaik-baiknya," kata Arief di gedung MK.

"Saya akan rapat rapat permusyawaratan hakim (RPH) lebih dahulu. Setelah RPH saya temui anda semua, karena saya tidak bisa melakukan apa-apa. Sendiri karena apa yang saya lakukan harus seizin hakim lain," sambung Arief. [kdc/dtn]

Editor: Indra Gunawan
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Hakim Kena OTT KPK Lagi, Ketua MK Minta Maaf ke Bangsa Indonesia VIA FACEBOOK
Hakim Kena OTT KPK Lagi, Ketua MK Minta Maaf ke Bangsa Indonesia VIA DISQUS
Top