Selasa, 27 Juni 2017 |
News Room

Hak Pejalan Kaki di Cilegon, Dirampas Oknum Parkir Liar

Senin, 19 Jun 2017 | 19:36 WIB
ilustrasi.*

CILEGON, [NEWSmedia] - Sungguh miris, jalur pedestrian yang merupakan hak pejalan kaki di samping sebuah mall arah ke Pasar Keranggot, Cilegon, dari siang hingga malam hari dijadikan tempat praktik pungli sejumlah oknum untuk dijadikan tempat parkir ilegal.

Jalur trotoar yang dipakai untuk parkir tersebut, mulai dari hotel Sukma hingga gerbang pasar keranggot. Kendaraan yang menutup jalur itu kebanyakan merupakan pengunjung mall mulai dari motor hingga mobil, sehingga para pejalan kaki yang ingin menggunakan jalur trotoar, terpaksa harus mengalah dengan berjalan di jalan raya yang rawan akan kecelakaan.

Menurut Ahmad (32) salah seorang pejalan kaki yang bermukim di daerah Pegantungan menuturkan, saat ia pulang dari tempat kerja sama sekali tidak bisa melintas melalui jalur trotoar itu, dirinya harus rela berjalan di celah-celah kendaraan yang melintas di jalur tersebut. Bahkan pernah dirinya terserempet motor.

"Kenapa Pemerintah Kota Cilegon diam saja ya, sudah jelas ini merampas hak kami pejalan kaki, dan di jalur tersebut macet parah, sayapun harus jadi korbannya terserempet pengguna motor," tukasnya.

Ahmad berharap agar Pemerintah Kota Cilegon segera menindak oknum parkir liar tersebut, yang menurut hukum hal tersebut sudah termasuk pungutan liar (Pungli).

Sementara, menurut salah seorang oknum parkir ilegal yang tidak mau disebutkan namanya, menyebutkan bahwa mereka memanfaatkan momen banyaknya pengunjung mall yang hendak berbelanja kebutuhan lebaran, untuk meraup pundi-pundi rupiah dengan menjadi petugas parkir ilegal.

"Ya lumayanlah pak, buat nambah-nambah lebaran nanti," ujarnya.

Saat disinggung mengenai adanya keterlibatan petugas sehingga mereka bebas melakukan praktek pungli parkir tersebut, ia tidak menampik hal itu. Mereka bersama petugas lainnya memberikan setoran kepada sejumlah oknum petugas disana.

"Iyalah, kalau tidak setor mana bisa kita parkirin kendaraan di trotoar ini, pokoknya adalah petugas dari pemerintahan yang suka ngambil setoran kesini," pungkasnya. [idr]

Penulis: Idr
Editor: Indra Gunawan
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Hak Pejalan Kaki di Cilegon, Dirampas Oknum Parkir Liar VIA FACEBOOK
Hak Pejalan Kaki di Cilegon, Dirampas Oknum Parkir Liar VIA DISQUS
Top