Minggu, 20 September 2020 |
News Room - News Community

Hak Interpelasi DPRD Banten Diduga Terganjal Beras CSR BJB

Kamis, 04 Jun 2020 | 20:34 WIB Dibaca: 2062 Pengunjung

Wasekbid Eksternal HMI BADKO Jabodetabek-Banten, Aliga Abdilah.*

SERANG, [NEWSmedia] - Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Badko Jabodetabek-Banten menduga hak interpelasi yang dilayangkan oleh DPRD kepada Gubernur Banten soal RKUD Bank Banten terganjal beras CSR dari BJB.

Wasekbid Eksternal HMI BADKO Jabodetabek-Banten, Aliga Abdilah mengatakan, pihaknya menduga beras yang disalurkan Corporate Social Responsibility (CSR) dari BJB kepada setiap anggota dewan menjadi kunci sukses membungkam anggota DPRD Provinsi Banten menolak menggunakan hak nterpelasi.

"Saya menduga, aliran beras dari CSR itu penyebab gagalnya Interpelasi di Dewan. Kami menyebutnya operasi beras," kata Aliga melalui keterangan tertulisnya, Kamis (4/6/2020).

Aliga menjelaskan, sejak pemprov mengeluarkan kebijakan RKUD, pihaknya menerima informasi akan adanya CSR beras dari BJB melalui lembaga CSR Pemprov Banten.

"Kalau mendengar infonya, operasi beras ini dilakukan untuk membungkam fraksi-fraksi di dewan. Kami menduga operasi beras CSR ini sukses," tambahnya.

Menurut Aliga, hak interpelasi DPRD hak untuk meminta keterangan kepada pemerintah mengenai kebijakan pemerintah yang penting dan strategis serta berdampak luas pada kehidupan bermasyarakat dan bernegara sebagaimana Penjelasan Pasal 27A, UU no 22 tahun 2003.

"Harusnya sedari awal kebijakan yg apopulis nan kontraproduktif dari Pemprov Banten mengenai pemindahan RKUD pun mestinya jangan dilakukan, atas nama Covid-19 yang sedang berkecamuk di Banten," tambahnya.

Aliga juga menambahkan suasana Banten karut marut paska ditetapkannya KLB Covid-19 sejak Maret 2020 mestinya menjadi sebuah sandaran bagaimana seharusnya pemerintah baik eksekutif maupun legislatif di provinsi Banten dalam mengambil kebijakan.

"Justru dalam praktiknya pemprov Banten mengambil tindakan sembrono ditengah pandemi Covid-19 yang tengah berkecamuk," pungkasnya. [ahi]

Penulis: Ahmad Hifni
Editor: Arif Darma
Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Hak Interpelasi DPRD Banten Diduga Terganjal Beras CSR BJB
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top