Selasa, 19 November 2019 |
News Gallery - Tekno

Hadir dengan Layar Full View Display, Ini Daftar Smartphone Bezel-less Tanpa Poni

Kamis, 30 Agt 2018 | 13:01 WIB Dibaca: 4892 Pengunjung

Vivo Nex.*

[NEWSmedia] - Sejak awal 2017, para vendor gadget mulai marak merilis smartphone dengan desain bezel-less. Bukan tanpa alasan, smartphone bezel-less memang disambut dengan antusiasme yang besar oleh para penggemar smartphone. Selain karena desainnya yang membuat perangkat smartphone terlihat lebih keren, bingkai yang tipis juga membuat gambar terlihat lebih besar, sehingga tampilannya menjadi lebih memuaskan. Tak heran, banyak orang yang rela membeli smartphone bezel-less meski membelinya dengan kredit hp tanpa dp sekali pun.

Berbagai teknologi pun kini semakin dikembangkan agar smartphone yang tercipta mempunyai bingkai setipis mungkin. Para vendor smartphone semakin berlomba-lomba mengembangkan teknologi mereka untuk membuat layar smartphone tanpa bingkai bisa menjadi kenyataan. Jika satu tahun lalu marak desain smartphone bezel-less dengan notch atau poni ala iPhone X, kini mulai bermunculan smartphone dengan desain bagian depan yang dipenuhi layar sepenuhnya. Apa saja? Berikut beberapa di antaranya.

Vivo Nex

Juni lalu, Vivo meluncurkan smartphone flagship terbarunya, Nex. Perusahaan asal Tiongkok itu mengklaim bahwa smartphone tersebut akan memenuhi impian akan smartphone bezel-less. Vivo Nex sudah didukung layar Super AMOLED “Ultra Full View Display”, dengan ukuran 6,59 inci dan rasio screen to body mencapai 91,24 persen. Dengan bezel yang sangat tipis, Vivo menempatkan sejumlah sensor di dalam layar, salah satunya fingerprint.

Sedangkan untuk kamera depan, Vivo mengakalinya dengan menyembunyikannya di dalam bodi, dan akan keluar ketika digunakan. Soal spesifikasi, Vivo Nex dilengkapi hardware paling mumpuni. Smartphone ini menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon 845, dan telah didukung RAM 8GB, baterai 4.000 mAh, dan memori internal sebesar 256GB. Vivo juga menyediakan varian Nex yang lebih rendah dengan kapasitas RAM 6GB dan memori internal 128 GB. Saat ini, Vivo Nex baru dijual resmi di Tiongkok dan India. Di negara asalnya, Vivo Nex dibanderol Rp 9,9 juta, sedangkan di India, harganya dimulai dari Rp 10,3 juta.

Jangan khawatir, Vivo mengatakan akan segera mendistribusikan lini Nex ke lebih banyak negara. Berdoa saja supaya Indonesia juga masuk ke dalamnya!

Xiaomi Mi Mix 3

Meskipun baru saja merilis Mi 8 pertengahan Juni lalu, nampaknya Xiaomi sudah tak sabar untuk memperkenalkan smartphone flagship dari seri Mi lainnya, Mi Mix 3. Smartphone satu ini disuguhkan dengan desain bezel-less di keempat sisi, dan rasio screen to body yang lebih besar dibandingkan smartphone pendahulunya, Mi Mix 2S. Sehingga tak ada poni yang mengganggu, dan bagian muka akan diisi layar sepenuhnya.

Mirip dengan Vivo Nex, Xiaomi juga menyembunyikan kamera depan di dalam layar, dan kamera akan muncul dari sisi tepi atas ketika diperlukan dan akan menarik ke bawah jika sudah tidak digunakan. Xiaomi juga memindahkan sensor pemindai sidik jari di bagian dalam layar. Untuk spesifikasi, Mi Mix 3 kabarnya akan mengandalkan Snapdragon 845 sebagai dapur pacu, dengan pilihan RAM 6GB dan 8GB, serta kapasitas internal sebesar 128 GB hingga 512 GB.

Dari informasi yang beredar, Xiaomi diperkirakan akan dibanderol mulai dari Rp 7,3 juta untuk spesifikasi terendahnya, hingga Rp 11,4 juta untuk spesifikasi paling tinggi. Para pecinta Xiaomi nampaknya harus sedikit bersabar karena kabarnya Xiaomi Mi Mix 3 baru akan melakukan debutnya pada bulan September mendatang.

Doogee Mix 4

Merek Doogee memang belum begitu terdengar di jagat smartphone. Namun setelah seorang YouTuber bernama Arun Maini melakukan unboxing perangkat Doogee Mix 4, merek satu ini jadi cukup ditunggu oleh pencinta smartphone. Masih berasal dari Tiongkok seperti kedua vendor smartphone di atas, Doogee memperkenalkan Mix 4 dengan desain layar penuh tanpa bezel, pemindai sidik jari dalam layar dan kamera depan tersembunyi di bagian belakang layar geser miliknya.

Konsep inilah yang membuat layar bezel-less tanpa poni tampil sempurna. Namun, dengan konsep tersebut, ukuran smartphone ini pun harus dikorbankan sehingga menjadi lebih tebal dibandingkan smartphone masa kini lainnya. Selain desainnya yang menarik, Doogee Mix 4 juga menyematkan prosesor terbaik, Snapdragon 845 dengan RAM 6GB, dan kapasitas internal sebesar 64GB. Beberapa e-commerce di Indonesia sudah menjual smartphone ini di kisaran harga Rp7 jutaan. [okz]

Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Hadir dengan Layar Full View Display, Ini Daftar Smartphone Bezel-less Tanpa Poni

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top