Sabtu, 16 Februari 2019 |
News Room - Pemerintahan

Gubernur WH Ingin Rumah di Kawasan Kesultanan Banten Jadi Homestay

Jumat, 01 Feb 2019 | 06:29 WIB Dibaca: 963 Pengunjung

Gubernur dan Wakil Gubernur Banten, WH-Andika Rapat Koordinasi bersama Kepala OPD di Halaman Masjid Agung Banten, Kamis (31/1/2019) malam. [Lipdok ARTP Banten]*

SERANG, [NEWSmedia] - Gubernur Banten Wahidin Halim menginginkan rumah warga yang berada di sekitar Keraton Kesultanan Banten menjadi home stay atau penginapan.

Hal itu diharapkan, agar Keraton Kesultanan Banten dapat memfasilitasi peziarah dari luar Banten yang ingin menginap karena melakukan ritual ibadah malam hari di Mesjid Agung Banten. 

“Jadi ke depan saya ingin supaya rumah-rumah warga di sekitar sini dibantu agar bisa jadi home stay. Kalau rumahnya tidak layak, ya kita bantu renovasi, kita buatkan WC, kamar mandi dan lainnya agar bisa menerima peziarah yang menginap,” kata Wahidin setelah Rapat Koordinasi di Halaman Masjid Agung Banten, Kamis (31/1/2019) malam.

Lebih jauh Wahidin juga mengaku ingin agar kawasan Keraton Kesultanan Banten dapat menjadi sebuah tempat wisata reliji yang nyaman dan terbuka bagi para peziarah. 

“Jadi kayak plaza ini, kenapa ini sampai sekarang belum dibuka untuk umum? Saya ingin agar ini segera dibuka, biar orang yang memang ke sini karena ingin melihat wajah baru Banten Lama bisa merasakan dan menikmati perubahan-perubahannya” jelasnya.

Permasalahan PKL dan Parkir

Dalam rapat tersebut, Kepala Satpol PP Provinsi Banten, M Basri mengusulkan agar para pedagang yang selama ini beejualan di Terminal Sukadiri tidak buru-buru dipindahkan ke kawasan PKL (pedagang kaki lima) yang disediakan Pemkot Serang.

Sebab menurutnya, lokasi PKL yang baru tersebut letaknya sangat jauh dari kawasan masjid dan keraton, sehingga para pedagang yang dipindahkan dari Terminal Sukadiri, lebih memilih untuk kucing-kucingan dengan Satpol PP. 

“Dari pada pindah ke lokasi yang disediakan, akhirnya mereka malah merangsek berdagang di sekitar mesjid dan keraton ini,” kata Basri.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Pemprov Banten Deden Apriandi mengusulkan agar Pemprov Banten dan Pemkot Serang  memikirkan tentang pembangunan sosial, ketimbang memikirkan tentang pembangunan fisiknya. 

“Jadi saya mengusulkan agar kita juga melakukan kegiatan-kegiatan atau program-program yang sifatnya melakukan penyadaran dan pemberdayaan masyarakat. Karena mungkin mereka yang sudah berpuluh tahun terbiasa dengan keadaan Banten Lama sebelumnya, belum tentu bisa menerima Keraton Kesultanan Banten hasil revitalisasi ini,” pungkasnya. [hms]

Editor: Ahmad Hifni
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Gubernur WH Ingin Rumah di Kawasan Kesultanan Banten Jadi Homestay
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top