Rabu, 18 Juli 2018 |
News Room - Pemerintahan - Hukum

Penyelundupan 1 Ton Sabu di Anyer, Gubernur Banten: Saya Mengutuk

Kamis, 13 Jul 2017 | 16:01 WIB Dibaca: 480 Pengunjung

Gubernur Banten, Wahidin Halim usai rapat paripurna di Kantor DPRD Banten, Kamis (13/7/2017)

SERANG, [NEWSmedia] - Terkait diungkapnya kasus penyelundupan 1 ton narkotika jenis sabu di Anyer, Gubernur Banten Wahidin Halim mengutuk keras para pengedar narkotika tersebut.

“Saya mengutuk,” ujar Wahidin Halim usai rapat paripurna di kantor DPRD Provinsi Banten, Kamis (13/7/2017).

Wahidin mengatakan, wilayah pesisir pantai Banten yang panjangnya mencapai 570 kilometer sangat rawan dan mudah dimasuki oleh barang-barang ilegal, termasuk narkotika.

"Pantai kita sangat rawan, banyak jalan tikus, jadi sangat gampang untuk diselundupkan," katanya.

Hal tersebut, lanjut Wahidin, menjadi salah satu kelemahan dan dimanfaatkan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Aparat kepolisian dan pemerintah setempat, kerap 'kecolongan' dengan aksi enyelundupan narkotika.

"Kita harus perketat, nanti kita rapatkan, paling tidak partisipasi masyarakat ikut mengawasi," harapnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Banten, Asep Rahmatullah mengatakan, narkotika merupakan 'PR' bersama yang harus diperangi. Bukan hanya Badan Narkotika Nasional (BNN) dan aparat kepolisian, namun juga dari lingkungan terkecil, yaitu keluarga.

"Ini harus menjadi perhatian kita semua, bukan hanya BNN, kepolisian tapi juga pengawasan di pelabuhan-pelabuhan harus dipantau dengan baik," kata Asep.

Untuk meminimalisasi peredaran narkotika lewat jalur laut, Asep meminta agar pelabuhan-pelabuhan kecil yang digunakan hanya untuk nelayan atau tidak digunakan oleh kapal besar (kapal Roro), agar ditutup.

"Pelabuhan yang beroperasi bukan untuk sekelas kapal Roro itu harusnya ditutup. Kalau pelabuhan nelayan, atau pribadi, di-cut off, karena tidak menutup kemungkinan barang-barang ilegal diselundupkan," ujarnya. [Ahi]

Penulis: Ahi
Editor: Indra Gunawan
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Penyelundupan 1 Ton Sabu di Anyer, Gubernur Banten: Saya Mengutuk
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top