Kamis, 24 Mei 2018 |
News Adv

Gubernur Banten Kunjungi Pusat Agrobisnis Sidoarjo

Kamis, 23 Nov 2017 | 09:15 WIB Dibaca: 95 Pengunjung

Gubernur Wahidin melihat area cold storage di pusat perdagangan Puspa Agro di Jemundo, Taman, Sidoarjo, Jawa Timur, Rabu (22/11/2017). (Dok: Biro ARTP)

SIDOARJO, [NEWSmedia] - Gubernur Banten Wahidin Halim mengunjungi pusat perdagangan Puspa Agro di Jemundo, Taman, Sidoarjo, Jawa Timur, Rabu (22/11/2017). Kunjungan itu dilakukan untuk mengetahui secara langsung kondisi fisik dan pengelolaan unit-unit usaha Puspa Agro sebelum memesan sejumlah komoditas untuk dikirim ke Banten.

Kunjungan Gubernur Wahidin didampingi sejumlah pejabat Pemprov Banten, di antaranya Asisten Bidang Pembangunan dan Perekonomian, Ino Sutisno Rawita, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperindag) Babar Suharso, Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Agus M Tauhid.

Kedatangan Gubernur Banten Wahidin Halim disambut oleh Direktur Utama PT Puspa Agro, Abdullah Muchibuddin dan Direktur PT Jatim Grha Utama (Holding Puspa Agro), M Rudiansyah.

Dalam kunjungan itu, Gubernur Wahidin meninjau beberapa unit usaha Puspa Agro. Unit usaha yang ditinjau di antaranya adalah pusat komposting yang bekerjasama dengan EAWAG Swiss, cold storage, dan pusat penelitian bioteknologi Puspa Biotech.

Kunjungan ini juga terkait dengan rencana Pemprov Banten yang ingin mendapat pasokan telor dan beberapa komoditas (sembako) dari Puspa Agro.  Banyak hal yang diketahui ketika mengunjungi tiga unit usaha Puspa Agro tersebut.

“Banyak kandungan protein dalam larva hitam (belatung) yang dikembangbiakkan di unit komposting ini. Proyeksinya untuk pakan ternak,” ujar Direktur Utama PT Puspa Agro, Abdullah Muchibuddin kepada Gubernur Banten Wahidin Halim dan rombongan.

Rombongan pejabat Banten juga menyimak penjelasan tim teknis dan peneliti komposting, Brams Dortmans yang merupakan warga Negara Belanda dan peneliti Indonesia Audinisa Fadhila yang bekerja di Puspa Agro.

Keduanya menjelaskan proses pengembangbiakan larva hitam, mulai pembibitan hingga memasuki masa panen. “Wah, bagus juga ya,” respons Wahidin Halim, saat melihat unit-unit komposting di area Puspa Agro.

Gubernur Wahidin sempat masuk ke area cold storage, tempat penyimpanan aneka jenis ikan dengan suhu minus 20 derajat celcius. Dari gedung cold storage rombongan meninjau gedung Puspa Biotek yang dikomandani Eddy Pujobasuki.  Di unit ini, Wahidin Halim lebih banyak mendengar dan minta beberapa pejabat bawahannya untuk mengorek informasi terkait pengembangan bioteknologi yang dikembangkan Puspa Agro.

“Sebenarnya potensi pertanian kita, baik sektor pangan, peternakan, maupun perikanan sangat besar. Disentuh sedikit saja dengan teknologi, hasilnya akan maksimal,” kata Eddy Pujobasuki. [adv]

Editor: Indra Gunawan
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Gubernur Banten Kunjungi Pusat Agrobisnis Sidoarjo

BERITA TERKAIT

POLRES SERANG KOTA NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top