Senin, 26 Oktober 2020 |
News Room

Gubernur Banten Ingin Selenggarakan Program Kesehatan Gratis Tanpa JKN-KIS

Jumat, 05 Jan 2018 | 15:58 WIB Dibaca: 638 Pengunjung

Gubernur Banten, Wahidin Halim.*

SERANG, [NEWSmedia] - Gubernur Banten, Wahidin Halim menegaskan, pihaknya akan menyelenggarakan program kesehatan gratis bagi masyarakatnya Banten tanpa mengintegrasikan dengan Program Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

Sebab, menurut Mantan Wali Kota Tangerang itu, penyelenggaraan jaminan kesehatan gratis adalah untuk membiayai masyarakat Banten yang tidak tercover oleh program JKN-KIS.

"Kita ngisi kekosongan yang engga dapat BPJS. Ada 20 juta orang yang gak punya BPJS, jangan dibolak balik logakanya, BPJS belum mampu menyelenggarakan keseluruhan pelayanan kesehatan bagi warganya," kata Wahidin di Masjid Raya Al-Bantani KP3B, Kota Serang, Jumat (5/1/2018).

Wahidin menuturkan, program yang menjadi janji politik saat kampanye di Pilgub Banten 2017 tersebut tidak melanggar aturan, sebab menurutnya, jika Pemerintah Pusat belum mampu menyelesaikan persoalan kesehatan, maka Pemerintah Daerah boleh mambantu hal tersebut.

"Selama ini kan BPJS mempertimbankan bagi yang belum punya. Ini kan rakyat saya, masa yang belum BPJS ditolak, kalau masih mempertimbangkan itu, bukan Pemerintah namanya," tambahnya.

BACA JUGA: Soal Berobat Gratis Dengan KTP di Banten, Begini Kata BPJS Kesehatan

Selain itu, Wahidin juga menegaskan, pihaknya akan segera melakukan perjanjian dengan 128 rumah sakit mitra untuk menjalankan program berobat gratis tersebut.

"Senin atau Selasa kita bikin perjanjian dengan 128 rumah sakit," pungkasnya.

Ditemui terpisah, Deputi Direksi Wilayah Banten, Kalimantan Barat dan Lampung BPJS Kesehatan, Benjamin Saut PS menilai, program Pemprov Banten dalam memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakatnya, harus sesuai dengan Instruksi Presiden (Inpres) nomor 8 Tahun 2017 tentang Optimalisasi Pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan Nasional.

"Pimpinan lembaga negara untuk mengambil langkah sesuai kewenangannya dalam rangka menjamin keberlangsungan dan peningkatan kualitas Program JKN-KIS," kata Benjamin. [ahi]

Penulis: Ahmad Hifni
Editor: Indra Gunawan
Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Gubernur Banten Ingin Selenggarakan Program Kesehatan Gratis Tanpa JKN-KIS
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top