Rabu, 19 September 2018 |
News Room

‘Groundbreaking’ Pelabuhan Warnasari, Menhub Ingatkan Pemkot Cilegon Selesaikan Izin

Rabu, 30 Agt 2017 | 14:59 WIB Dibaca: 793 Pengunjung

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bersama Wali Kota Cilegon Tubagus Iman Ariyadi, Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy, Ketua DPRD Banten Asep Rahmatullah dan beberapa pejabat melakukan groundbreaking Pelabuhan Warnasari, Kota Cilegon, Rabu (30/8/2017).*

CILEGON, [NEWSmedia] - Pemerintah Kota Cilegon, Rabu pagi (30/8/2017), melakukan groundbreaking atau peletakan batu pertama pembangunan Pelabuhan Warnasari, Kota Cilegon. Peletakan batu pertama dilakukan sebagai penanda akan dimulainya pembangunan pelabuhan tersebut.

Peletakan batu pertama pembangunan Pelabuhan Warnasari, Kota Cilegon dilakukan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi didampingi Wali Kota Cilegon Tubagus Iman Ariyadi dan Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy.

Seluruh pejabat Pemkot Cilegon serta ribuan warga Kota Cilegon juga ikut menyaksikan peletakan batu pertama di lokasi pelabuhan di Kecamatan Citangkil, kawasan Krakatau Steel Kota Cilegon.

Pelabuhan Warnasari akan dibangun mulai Februari 2018 dengan luas 360.408 m2 dan ditargetkan akan selesai dan beroperasi pada 2019. Pelabuhan tersebut merupakan aset milik Pemerintah Kota Cilegon.

Menhub Budi Karya Sumadi mengatakan, dengan adanya pembangunan pelabuhan Warnasari ini dapat meringankan beban Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, dan bisa memberi manfaat dan meningkatkan perekonomian masyarakat Kota Cilegon dan Provinsi Banten,” kata Budi Karya Sumadi.

Namun Menhub mengingatkan Pemkot Cilegon untuk secepatnya mengurus perizinan yang belum rampung, terutama izin terkait penggunaan sisi laut. “Kami menyarankan kepada Pak Wali Kota untuk segera menyelesaikan perizinan di sisi laut. Saya mengusulkan kepada Pak Presiden dan Pak Wakil Presiden untuk hadir di sini saat nanti peresmiannya jika sudah rampung tahun 2019,” ujarnya.

Dalam sambutannya, Wali Kota Cilegon Tubagus Iman Ariyadi mengatakan Pelabuhan Wanasari ini bisa menjadi sumber pendapatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Cilegon. Pelabuhan ini juga sebagai ‘kenang-kenangan’ pembangunan ketika dirinya selesai menjabat wali kota pada 2021 mendatang.

“Pelabuhan ini diharapkan bisa menambah PAD Kota Cilegon, serta adanya pembangunan yang menunjang bongkar muat untuk industri di Kota Cilegon. Saat ini sudah ada investor yaitu PT Lotte yang akan memanfatkan sarana Pelabuhan Wanasari nantinya,” ujarnya.

Pelabuhan Warnasari nantinya akan menjadi sarana bongkar muat kargo serta barang curah cair dan kering. Pelabuhan ini akan dikelola oleh PT Pelabuhan Cilegon Mandiri (BUMD Kota Cilegon) serta PT Bosowa Bandar Indonesia dan Pelindo II (Persero). Di wilayah Banten sendiri, ada empat pelabuhan yang melakukan pelayanan yang sama.

Sementara itu, Wakil Gubernur Banten, Andika Hazrumy mengatakan, Pemerintah Provinisi Banten mendukung pembangunan Pelabuhan Warnasari, Kota Cilegon. Ia juga yakin keberadaan Pelabuhan Warnasari bisa mendatangkan PAD yang signifikan bagi Pemkot Cilegon.

Sebab, lanjut Andika, jasa kepelabuhanan di Kota Cilegon sangat potensial, mengingat wilayah lautnya masuk ke dalam ALKI I yang ramai dilalui pelayaran internasional, serta keberadaan industri-industri multinasional juga dipastikan akan menjadi pelanggan di pelabuhan Warnasari.

“Nah, sejatinya semua itu untuk mensejahterakan rakyat,” ujar Andika.

Untuk diketahui, pembangunan Pelabuhan Warnasari sendiri akan dilengkapi fasilitas berupa Trestel 1090 x 15 m dengan struktur deck on pile, Jetty 280mx40 m untuk curah kering dengan struktur deck in pile, dan Jetty 470m x 15 m untuk curah cair dengan struktur deck on pile.

Selain itu, kelengkapan lain yang tersedia di pelabuhan ini yakni gudang tertutup dengan kapasitas 500.000 metrik ton, dilengkapi dengan konveyor dengan jembatan timbang sebanyak 4 unit berkapasitas masing-masing 120 ton, serta tangki timbun dengan kapasitas 500.000 kiloliter dilengkapi dengan instalasi pompa dan perpipaan yang dilengkapi dengan flow meter, akses jalan 3.000 x 26 meter. [firman]

Penulis: Firman Arief
Editor: Arif Darma
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

‘Groundbreaking’ Pelabuhan Warnasari, Menhub Ingatkan Pemkot Cilegon Selesaikan Izin

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top