Minggu, 24 Januari 2021 |
News Room - Hukum

Grasi Antasari Azhar Dikabulkan Presiden Jokowi

Rabu, 25 Jan 2017 | 17:30 WIB Dibaca: 1062 Pengunjung

Antasari Azhar.*

JAKARTA, [NEWSmedia] - Presiden Joko Widodo mengabulkan permohonan grasi Antasari Azhar. Hukuman Antasari dikurangi dari 18 tahun penjara menjadi 12 tahun. Setelah dikurangi remisi, Antasari Azhar kini bebas murni dan resmi berstatus sebagai mantan narapidana.

"Sesuai perhitungan, Antasari dihukum 18 tahun, dan sudah menjalani masa hukuman 7 tahun dan mendapatkan remisi 3 tahun dan dengan sisa hukuman 6 tahun. Setelah dikurangi grasi, berarti status menjadi mantan narapidana," kata pengacara Antasari, Boyamin Saiman, kepada wartawan di Gedung PN Jaksel, Jalan Ampera Raya, Jakarta, Rabu (25/1/2017).

Dengan grasi itu, Antasari kini bebas murni. Ia kembali menjadi warga negara biasa dan mendapatkan kembali hak-haknya sebagai orang bebas.

"Iya, bebas murni. Tapi, sebagai kuasa hukum, saya harus bilang beliau mantan narapidana," ujar Boy.

Sementara itu, Staf Khusus Presiden bidang Komunikasi Johan Budi, membenarkan bahwa permohonan grasi Antasari telah dikabulkan Presiden.

"Keppres soal permohonan grasi Antasari sudah diteken Presiden dan dikirim ke PN Selatan pada Senin (23/1/2017) kemarin," ujarnya, Rabu (25/1/2017).

Kepres itu juga berisi pengurangan masa hukuman Antasari selama enam tahun. Johan mengatakan, alasan dikabulkannya grasi tersebut adalah adanya pertimbangan Mahkamah Agung yang disampaikan ke Presiden.

Antasari Azhar tetap mengajukan grasi kepada Presiden Joko Widodo meskipun sudah mendapat pembebasan bersyarat pada 10 November lalu. Permohonan grasi tersebut telah diajukan melalui kuasa hukumnya, Boyamin Saiman, pada 8 Agustus 2016.

Antasari mengatakan, jika permohonan grasinya diterima, dia bisa melakukan klarifikasi dan mengajukan rehabilitasi.

Selain itu, kata Antasari, dia bisa terbebas dari status bebas bersyarat dan kewajiban melapor.  Antasari sudah menjalani kurungan fisik selama tujuh tahun enam bulan. Ia sempat ditahan di Rutan Narkoba Polda Metro Jaya. Sejak 2010, total remisi yang dia peroleh selama empat tahun enam bulan.

Dengan demikian, total masa pidana yang sudah dijalani ialah 12 tahun. Mantan Ketua KPK itu berhak mendapat bebas bersyarat setelah menjalani dua pertiga dari vonis 18 tahun penjara.

Pada tahun 2010, Antasari Azhar divonis 18 tahun penjara atas pembunuhan bos PT Putra Rajawali Bantaran, Nasrudin Zulkarnain. Putusan itu tidak berubah hingga putusan peninjauan kembali. [kdc/dtn]

Editor: Indra Gunawan
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Grasi Antasari Azhar Dikabulkan Presiden Jokowi

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top