Kamis, 15 April 2021 |
Pariwisata - News Gallery

Gerakan 'Cerita Indonesia Kita' Ajak Anak Muda Rasakan Langsung Keberagaman Budaya Indonesia

Jumat, 24 Agt 2018 | 17:01 WIB Dibaca: 655 Pengunjung

Kampung Adat di Bajawa, Flores, NTT.*

[NEWSmedia] - Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki keberagaman suku, budaya, dan agama. Selain banyaknya hal tersebut, Indonesia juga memiliki banyak pulau serta bahasa, dengan hampir 750 bahasa yang dimiliki.

Kurangnya pengetahuan akan keberagaman, mengakibatkan masih banyak masyarakat yang kurang menghargai setiap suku, budaya, dan agama yang ada. Menurut Co-Founder Komunitas Sabang-Merauke, Ayu Kartika Dewi, salah satu cara untuk memahami keberadaan di Indonesia adalah dengan cara kolaborasi.

Komunitas Sabang-Merauke ini bertujuan agar anak-anak di Indonesia dapat saling menghargai keberagaman dan toleransi dengan cara kolaborasi, yaitu program pertukaran pelajar se-Indonesia. Pertukaran pelajar ini dilakukan oleh siswa Sekolah Menengah Pertama dari seluruh Indonesia untuk merantau ke daerah berbeda dan tinggal dengan etnis yang berbeda dengan dirinya. Diharapkan anak-anak tersebut kelak akan menciptakan perdamaian.

“Fakta dari anak-anak pertukaran pelajar menunjukkan bahwa stereotype yang biasa dikatakan oleh orang-orang itu salah," kata Ayu dalam gerakan “Cerita Indonesia Kita”.

Kampanye inspiratif ini diberi tema #ForEveryFace. Tujuannya adalah mendorong anak muda untuk melihat keberagaman suku, agama, dan budaya di Indonesia secara langsung dan tidak men-stereotype-kan seseorang hanya karena latar belakangnya.

“Selain tagline tersebut, kita juga harus ingat bahwa cara penting untuk menciptakan kedamaian itu sendiri adalah damai dengan diri sendiri. Kita tidak bisa mendamaikan orang-orang kalau dari diri sendiri belum melakukannya,” ucap Ayu.

Ayu melanjutkan, jika kita sudah berdamai dengan diri sendiri, maka kita dapat menerima dan mencintai diri sendiri apa adanya. Kita akan lebih mudah untuk menghargai dan memahami indahnya keberagaman dan tampil percaya diri apapun latar belakang suku, budaya, dan agamanya. [okz]

Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Gerakan 'Cerita Indonesia Kita' Ajak Anak Muda Rasakan Langsung Keberagaman Budaya Indonesia
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top